Angin Puting Beliung Terjang 8 Rumah di Banjar Kalsel

oleh
Rumah warga di Kecamatan Gambut, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan, yang terdampak fenomena angin puting beliung. (Foto : BPBD Banjar)

Sijori Kepri, Kalsel — Angin puting beliung terjang 8 (delapan) unit rumah warga dengan kategori berbeda yang terjadi di Kecamatan Gambut, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Jumat, (28/05/2021), pukul 14.59 waktu setempat. Tidak ada korban jiwa akibat kejadian ini.

Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Dr Raditya Jati, mengatakan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjar melaporkan 5 (lima) unit rumah warga mengalami rusak berat, sedangkan 3 (tiga) lainnya rusak sedang.

“BPBD melaporkan tidak ada korban jiwa maupun luka-luka akibat insiden ini,” kata Dr Raditya Jati, Sabtu, (29/05/2021).

Rumah yang terdampak di wilayah Kelurahan Gambut dengan korban terdampak sebanyak 8 KK atau 32 jiwa. BPBD setempat telah melakukan upaya penanganan darurat, seperti kaji cepat dan koordinasi dengan instansi terkait untuk melakukan evakuasi warga dan pembersihan material yang rusak.

“Peristiwa ini dipicu oleh hujan lebat yang disertai angin kencang,” ungkap Raditya Jati.

Terpantau pada aplikasi Info BMKG, prakiraan cuaca kecamatan di wilayah terdampak menunjukkan cerah berawan untuk 2 (dua) hari ke depan.

“Fenomena angin puting beliung ini biasanya terjadi pada saat pergantian musim, dari musim penghujan ke musim kemarau atau sebaliknya,” tutupnya. (Theophilus Yanuarto)

No More Posts Available.

No more pages to load.