Bupati Hamid Rizal Irup “HUT SATPOL PP KE 67”

oleh
Bupati Natuna, Hamid Rizal dan Para Kepala FKPD, DPRD, serta Satpol PP Natuna. (Foto : Bernard Simatupang)
– Dirangkaikan dengan HUT Satlinmas Ke 55 dan Damkar Ke 98, serta Apel Bendera 17 Hari Bulan.

SIJORIKEPRI.COM, NATUNA — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Natuna menggelar upacara bendera, dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Ke 67. Dalam hal ini, Bupati Kabupaten Natuna, Drs H A Hamid Rizal M.Si, bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup), yang digelar di Lapangan Upacara Pantai Kencana, Ranai, Jumat, (17/03/2017)

HUT Satpol PP ke 67 ini dirangkaikan dengan HUT Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) ke 55, HUT Pemadam Kebakaran (Damkar) ke 98, sekaligus apel bendera hari 17. Adapun tema yang diusung dalam HUT ini adalah, “Peningkatan Peran Satuan Polisi Pamong Praja, Satuan Perlindungan Masyarakat, dan Pemadam Kebakaran dalam menjaga kemajemukan masyarakat di daerah”.

Dalam sambutan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) yang dibacakan oleh Bupati Kabupaten Natuna, Drs H A Hamid Rizal M.Si, Mendagri mengucapkan selamat ulang tahun dan memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada para Kepala Satuan Polisi Pamong Praja di seluruh Indonesia.

“Inilah semangat Korps yang harus terus-menerus kita tumbuhkembangkan bersama, walaupun berbeda budaya dan daerah, tetapi mempunyai tujuan yang sama, yaitu sebagai garda terdepan di daerah, dalam menegakkan peraturan daerah dan penyelenggaraan ketertiban umum dan ketenteraman, serta perlindungan masyarakat dan penanganan kebakaran,” ujarnya.

Mendagri juga menghimbau, bahwa kita perlu bersama-sama meningkatkan rasa patriotisme atau rasa kecintaan kepada negara. Kebhinnekaan merupakan alat pemersatu bangsa yang harus menjadi kebanggaan dari bangsa ini.

Beberapa hal yang ditekankan oleh Mendagri kepada Satpol PP, Satlinmas, dan Damkar, agar selalu bangga dan menjunjung tinggi kehormatan sebagai bentuk pengabdian kepada bangsa dan negara, memberikan pelayanan yang cepat dan tepat atas ancaman, gangguan, halangan, dan tantangan terkait ketenteraman dan ketertiban umum yang terjadi di masyarakat.

Dengan semangat HUT yang dilaksanakan, Hamid Rizal, menghimbau kepada setiap komponen pemerintahan untuk menjalin kerja sama yang masif dan kondusif, agar ancaman, gangguan, hambatan, dan tantangan yang dapat memecah belah bangsa ini teratasi, serta merubah paradigma dengan meninggalkan pola pikir dari dilayani menjadi melayani.

“Dengan tidak bosan-bosannya, saya menekankan kepada seluruh jajaran Satpol PP, untuk selalu bangga dan menjunjung tinggi kehormatan Satpol PP, sebagai bentuk pengabdian kepada bangsa dan negara,” ujarnya.

Selain upacara, rangkaian Peringatan HUT Satpol PP dan Satlinmas tersebut, diisi dengan berbagai atraksi yang dilakukan personil Satpol PP itu sendiri, yaitu atraksi, Tarung drajat, Pencak silat, Kekebalan tubuh, Tusuk badan, dan makan beling. Kemudian acara ditutup dengan ramah tamah dan foto bersama. (SK-Nard/C)