GESER UNTUK BACA BERITA
Example 325x300
Tak Berkategori

Daur Ulang Daun Sirsak “BIKIN TAKJUB dan GELENG KEPALA”

×

Daur Ulang Daun Sirsak “BIKIN TAKJUB dan GELENG KEPALA”

Sebarkan artikel ini
Hasil Daur Ulang Daun Sirsak. (Foto : Muhammad Is)

SIJORIKEPRI.COM, JAWA TIMUR — Manfaat daun sirsak dikenal populer dalam memerangi berbagai penyakit berbahaya seperti kanker. Tapi jangan salah daun sirsak ternyata tidak hanya bermanfaat sebagai obat saja. Sayangnya dalam kehidupan sehari hari kita memang belum begitu menyadari ikhwal apa saja kehebatan daun sirsak ini, diluar kegunaannya sebagai obat.

Mungkin anda yang belum tahu, pasti penasaran dan ingin mengetahui manfaat daun ini kan?

GESER UNTUK BACA BERITA
GESER UNTUK BACA BERITA

Sebelum membahas detil bagaimana daun sirsak dapat berubah menjadi barang bernilai ekonomi, ada baiknya kita tengok dulu tempat pengolahan daun sirsak menjadi sebuah busana dan berbagai jenis bunga.

Sebuah Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Sidokumpul, Jalan Jaksa Agung, Kecamatan Gresik, Gresik, dikenal murid-muridnya banyak mengikuti kegiatan eksrakurikuler. Salah satunya kelompok perberdayaan daun sirsak menjadi sebuah barang yang memiliki nilai ekonomi. Selain dikenal bisa digunakan obat tradisional. Karena itu, tidak heran jika di SDN 1 Sidokumpul ini, dijumpai banyak koleksi bunga berbahan baku daun sirsak. Bentuknya pun macam-macam dan warna-warni.

BACA JUGA :  Lagi, Penumpang MV Tuah I “KETAHUAN BAWA SABU”

Dari hasil daur ulang daun sirsak menjadi sebuah bunga berbagai bentuk. Bahkan menjadi sebuah busana unik dan antik, membuat sekolah ini mendadak dikenal luas halayak hingga di nasional. Sejak itulah banyak orang penting ingin datang ke sekolah ini hanya ingin melihat ikhwal hasik daur ulang daun sirsak menjadi sesuatu yang berharga. Dan salah satu yang sudah bertandang di sekolah yakni tim Badan Standardisasi Nasional (BSN).

Sekretaris Utama (Sestama) BSN Puji Winarni, didampingi Kabag Humas BSN, Resmiatin, hanya bisa takjub dan geleng kepala ketika melihat hasil karya murid-murid SDN 1 Sidokumpul ini yang piawai melakukan daur ulang daun sirsak menjadi bunga indah dan busana antik dan unik.

BACA JUGA :  Fantastis, Ustadz Adi Hidayat Serahkan Bantuan Rp 30 Miliar Untuk Palestina

“Siapa yang bikin ini. Cantik, unik sangat jarang kita jumpai anak-anak yang kreatif seperti ini,” ujar Puji Winarni, disela kunjungannya.

Apa yang dikembangkan murid-murud SDN 1 ini, patut diapresiasi. Dan ini perlu ditiru oleh sekolah-sekolah lain di negeri ini. Dewasa ini sebut Puji, anak-anak tidak hanya dituntut belajar seperti menghafal, menghitung saja. Lebih dari itu, juga harus dibekali skill sejak dini. Seperti merangkai bunga dari hasil daur ulang daun sirsak dan membuat busana daun sirsak ini.

“Jadi kelak mereka lulus di SD, SMP bisa lanjut ke SMK jurusan busana atau tata boga. Supaya mereka bisa menjadi anak yang mandiri dan berwirausaha,” kata Puji.

Pantauan media ini, bunga hasil buah tangan murid-murid SDN 1 ini kini dikoleksi di sebuah ruangan kegiatan ekstrakulikuler murid. Begitu pula busana-busana daun sirsak. Agar bahan baku daun sirsak selalu tersedia, di sekolah telah dibudidaya pohon sirsak. Yang menarik lagi, selain daur ulang daun sirsak. Ada pula pengolahan sirup markisa. Sejatinya, sirup markisa made in murid SDN 1 Sidokumpul ini, kualitasnya tak jauh beda dengan sirup Makasar yang begitu dikenal luas diseantro nusantara ini.

BACA JUGA :  Penanganan Banjir Tak Kunjung Selesai

“Sirup markisa ini dibuat sendiri. Kita alat pengolahannya lengkap. Bahan bakunya juga ada,” ujar guru pembimbingnya.

Di halaman sekolah ini, banyak ditemui tanaman sirsak dan markisa. Bahkan tanaman markisa ini sedang ditingkatkan budidayanya supaya bisa dikembangkan hingga ke warga sekitar. (SK-MUH)

 

(Kontributor : Jawa Timur)