Demi Air Bersih, Masyarakat Senayang “BERJUANG LINTASI ALAM”

oleh
Masyarakat Desa Laboh, Kecamatan Senayang,, mengeluhkan sulitnya mendapatkan Air Bersih di Desanya. (Foto : Zulkurniawan)

– Masyarakat Minta Pemerintah Salurkan Air Bersih.

LINGGA (SK) — Kebutahan pokok merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi oleh semua manusia untuk kelangsunganan hidupnya. Hal ini bukan saja dirasakan oleh masyarakat perkotaan, namun masyarakat perdesaan juga. Kelangkaan kebutuhan pokok, baik dalam bentuk hasil pertanian, perikanan maupun alam semesta, membuat warga Desa Laboh berjuang melintasi alam yang terjal dan gelombang yang besar, demi memenuhi kelangsungan hidup mereka.

Mia (38), salah seorang warga RT 011/RW 01 Desa Laboh, Kecamatan Senayang, mengatakan, bahwa masyarakat di desanya masih merasa kesulitan dalam memdapatkan air bersih.

“Sudah sebelas tahun saya tinggal di Desa Laboh. Dari awal saya nikah, sampai sekarang, di sini masih sulit untuk mendapatkan air bersih dek. Di sini airnya merah tidak bisa dijadikan air minum. Tapi kalau untuk mandi dan cuci piring bisa lah,” katanya, kemarin.

BACA JUGA :  Ormas Gema Minta Pemkab Lingga 'UMUMKAN HASIL AUDIT BUMD"

Untuk mendapatkan air bersih, sambung Mia, Warga sini harus ke belakang Laboh, dengan menggunakan boat, tapi kalau air kering tidak bisa kesana.

“Apa lagi kalau lagi musim utara, gelombang kuat. Jadi mau tidak mau, warga harus ke sana (Belakang Laboh, Red) untuk dapatkan air bersih,” tambahnya.

Selain itu, Mia juga mengungkapkan, di Desanya memang ada bak air bersih untuk masyarakat Desa Laboh, namun tidak cukup buat kebutuhan warga, sehingga masih ada juga warga yang pergi ke belakang laboh untuk mendapatkan air bersih.

“Kadang-kadang dek, bak air yang di buat oleh desa itu kering. Memang tiap tahun bak itu di bersihkan oleh masyarakat, tapi tetap aja warga di sini tidak bisa mengharapkan sepenuhnya untuk kebutuhan air bersih dari bak air yang di bangun oleh Desa,” ungkapnya.

BACA JUGA :  Alias Wello Serahkan DPA APBD 2017 “KEPADA OPD LINGGA”

Dia mengharapkan kepada pemerintah, agar dapat membantu menyalurkan air bersih buat masyarakat desanya.

“Kami, khususnya saya berharap, pemerintah dapat membantu masyarakat Desa Laboh memasukkan saluran air bersih di desa kami, seperti halnya yang ada di desa lainnya,” harapnya.

Pantauan Sijori Kepri, bahwa kelangkaan kebutuhan pokok masyarakat Kecamatan Senayang, Desa laboh, RT1/RW1, RT2/RW1, dan RT3/RW1, masih dirasakan sampai saat ini, khususnya untuk medapatkan air bersih. (SK-Zul/C)

 

Shares

No More Posts Available.

No more pages to load.