DAERAHHEADLINEPOLITIK

Ini Hasil Survei Partai Gerindra Pilgub Sumut 2024 Posisi Top of Mind, Ada Bobby Nasution, Musa Rajekshah, Edy Rahmayadi dan Teguh Santosa

×

Ini Hasil Survei Partai Gerindra Pilgub Sumut 2024 Posisi Top of Mind, Ada Bobby Nasution, Musa Rajekshah, Edy Rahmayadi dan Teguh Santosa

Sebarkan artikel ini
Bobby Nasution, Musa Rajekshah, Edy Rahmayadi dan Teguh Santosa. (Foto : Ist)

MEDAN — Survei yang dilakukan Partai Gerindra menyambut pemilihan gubernur Sumatera Utara (Pilgub Sumut) dalam Pilkada Serentak 2024 menghasilkan empat tokoh yang berada di posisi top of mind. Keempat tokoh itu adalah Bobby Nasution (10,5 persen), Musa Rajekshah (10,25 persen), Edy Rahmayadi (9,75 persen), dan Teguh Santosa (5,75 persen).

Selain itu, dua tokoh lain yang juga masuk dalam top of mind adalah Harun Mustafa Nasution (2 persen) dan Nikson Nababan (0,5 persen).

GESER UNTUK BACA BERITA
GESER UNTUK BACA BERITA

Nama keenamnya muncul dalam jawaban responden untuk pertanyaan, “Jika Pilkada Provinsi Sumatera Utara dilakukan hari ini siapa yang Bapak/Ibu/Saudara pilih?”

Survei yang menggandeng PUSKAPP FISIP Universitas Sumatera Utara ini dilakukan dari tanggal 8 hingga 15 Juni 2024.

Survei menggunakan teknik Multistage Random Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 400 responden berusia 17 tahun atau sudah menikah dan merupakan warga Sumatera Utara. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara tatap muka. Margin of error kurang lebih 5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Survei dilakukan DPD Partai Gerindra Sumatera Utara terhadap 10 bakal calon kepala daerah yang mendaftar untuk ikut Pilgubsu 2024. Lima tokoh merupakan bakal calon Gubernur, yakni Bobby Nasution, Musa Rajekshah, Edy Rahmayadi, Basuki Tjahja Purnama alias Ahok, dan Nikson Nababan. Sementara lima lainnya adalah bakal calon wakil Gubernur, yakni Adi Saputra, Teguh Santosa, Charles Bonar Sirait, Aripay Tambunan, dan Harun Mustafa Nasution.

Wakil Ketua DPD Gerindra, Ikrimah Hamidy, menyerahkan hasil survei kepada semua bakal cagubsu dan bakal cawagubsu pada hari Sabtu (6/7/2024) kemarin.

Dalam survei, tingkat pengetahuan masyarakat terhadap pelaksanaan Pilkada 2024 mencapai 92 persen. Untuk tingkat kepastian pilihan, responden yang menyatakan sudah pasti dengan pilihannya sebesar 48 persen, lalu 8 persen belum pasti/masih berpikir, dan 44 persen tidak menjawab.

Untuk pertanyaan siapa yang dinilai pantas menjadi gubernur, nama Bobby Nasution berada di posisi teratas sebesar 32,50 persen, diikuti Musa Rajekshah (32,25 persen), Edy Rahmayadi (30,25 persen), Nikson Nababan (16,75 persen), dan Basuki Tjahja Purnama (9,75 persen). Harun Mustafa Nasution (15,25 persen), Teguh Santosa (4,75 persen), Charles Bonar Sirait (3 persen), Adi Saputra (0,5 persen), dan Aripay Tambunan (1 persen) melengkapi daftar.

Adapun untuk pertanyaan siapa sosok yang dianggap pantas sebagai calon wakil gubernur, nama Musa Rajekshah berada di posisi tertinggi sebesar 38,75 persen, diikuti Bobby Nasution (33,75 persen), Edy Rahmayadi (27,5 persen), Nikson Nababan (21,75 persen), dan Harun Mustafa Nasution (18 persen). Basuki Tjahja Purnama (6,25 persen), Teguh Santosa (5 persen), Charles Bonar Sirait (0,75 persen), Adi Saputra (0,5 persen), dan Aripay Tambunan (0,25 persen) juga disebutkan.

Ikrimah Hamidy dalam keterangannya mengatakan survei ini menjadi salah satu tahapan Pilkada 2024 yang dilakukan DPD Gerindra Sumut. Selanjutnya, hasil survei ini diserahkan kepada DPP Gerindra. ***

(Red)

Follow