Istana Damnah Tempat Wisata Bersejarah Yang Tak Terawat

oleh

LINGGA (SK) — Istana Damnah yang berada di Daik Lingga, merupakan warisan sejarah masa lalu, saat Istana Damnah menjadi tempat wisata yang ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal mau dari luar daerah. Hanya sangat disayangkan, saat ini istana Damnah terkesan tidak terawat, banyak bunga-bunga tumbuh menjulur serta halaman yang ditumbuhi rumput liar.

Dari pantauan awak media di lapangan, sejak Dinas Pariwisata memberhentikan Tenaga Harian Lepas (THL) beberapa waktu lalu, termasuk sejumlah petugas kebersihan dilokasi peninggalan Kesultanan Lingga Riau tersebut, terlihat rumput-rumput liar tumbuh di tiap pinggir dan halaman istana Damnah, parahnya lagi, bunga-bunga yang ada di taman Istana, tumbuh dan semraut, sehingga mengganggu pemandangan, menjadikan tempat bersejarah tersebut terkesan diabaikan dan terbengkalai.

Deni, Salah seorang pengunjung, yang mengaku dari luar Lingga, sangat menyayangkan akan hal ini, Istana ini sepertinya tidak terurus, lihat saja sampah daun yang jatuh dari pohon berserakan disana-sini, boleh dikatakan disetiap sudut terlihat sampah.

“Kemarin tempat bersejarah ini, sangat bersih, kenapa sekarang sepertinya tidak terawat,” ucapnya, Minggu (11/10/2015).

BACA JUGA  "8 PEJABAT LINGGA di LANTIK" di ISTANA DAMNAH

Tujuannya yang sengaja datang ketempat ini untuk berlibur dihari minggu berubah menjadi prihatin setelah melihat kondisi Istana Damnah ini, bukan hanya Istana Damnah tapi objek wisata pemandian Lubuk Papan juga terlihat hal yang sama, tiga bulan yang lalu masih terlihat bersih dan terawat.

“Tapi sekarang saya cukup kaget melihat semrautnya Istana Damnah dan Lubuk papan ini. Apakah Pemerintah Daerah tidak mengurus tempat wisata bersejarah ini,” paparnya.

Kita berharap, lanjutnya, Pemerintah Daerah dapat memperhatikan tempat wisata bersejarah ini, sangat disayangkan jika ada wisatawan dari luar daerah melihat ini, tentu kesannya menjadi tidak baik.

“Kita harap Pemerintah mengatasi masalah Istana Damnah ini, agar terlihat seperti sebelumnya, bersih dan terawat,” imbuhnya.

LIPUTAN LINGGA : PUSPANDITO
EDITOR : DEDI YANTO

Istana Damnah Tempat Wisata Bersejarah Yang Tak Terawat (Photo : Puspandito)
Istana Damnah Tempat Wisata Bersejarah Yang Tak Terawat
(Photo : Puspandito)

 

No More Posts Available.

No more pages to load.