Jelang Ramadhan, Ikan dan Cabai Di Pasar KUD Melonjak Naik

oleh

TANJUNGPINANG (SK) — Dalam beberapa Minggu menjelang Ramadhan dan cuaca buruk Harga ikan dan cabai di Pasar KUD Tanjunginang melonjak naik, karena persedia dari agen terbatas.

“Kami kesulitan mendapatkan ikan segar dari perairan Pulau Bintan (Tanjungpinang, Kabupaten Bintan-Red), karena nelayan tidak berhasil menangkap ikan dalam jumlah yang banyak,” kata Noril salah satu pedagang ikan di Pasar KUD, Minggu (7/6/2015).

Noril menggatakan, harga ikan yang saat ini mengalami kenaikan tidak terlepas dari faktor cuaca dan pengaruh suasana ramadhan. Gelombang laut yang tinggi menjelang musim angin utara menyebabkan sebagian nelayan takut turun ke laut.

“Sulit mendapatkan ikan saat gelombang tinggi. Hal itu yang menyebabkan harga ikan di pasaran menjadi langka dan mahal,” ujarnya.

BACA JUGA :  Pasca Kebakaran, DPMPTSP-P Lingga “PANTAU HARGA SEMBAKO”

Ia mengemukakan, hasil Ikan tangkapan nelayan yang mengalami kenaikkan harga antara lain ikan kerapu, tenggiri, selar, dan sotong. Sebelum Lebaran, harga ikan selar sekitar Rp 45.000 per kilogram, tetapi saat ini Rp 50.000, ikan kerapu naik dari Rp 30.000 menjadi Rp55.000 dan harga ikan tongkol biasa nya Rp 20.000 menjadi Rp 30.000.

“Disebab persediaan ikan yang sedikit dan jumlah pembeli tidak seramai biasanya. Harga ikan naik, pendapatan kami menurun,” ujarnya lagi.

Namun demikian kenaikan ikan di Pasar KUD, Dewi Ibu Rumah Tangga (IRT) tetap membeli ikan tersebut.

“Walaupun harganya naik, biasanya ia membeli 2 kilo menjadi 1 kilo,” ucapnya sambil pulang.

Sedangkan cabai merah, Pedagang memprediksikan kenaikan harga kebutuhan akan berlangsung seminggu sebelum puasa.

BACA JUGA :  Beras di Lingga Langka

“Namun demikian, harga cabai merah sudah dahulu naik dari Rp 30 ribu per kilo menjadi Rp 40 ribu per kilo,” kata Rika seorang pedagang pasar. (SK-Adi)


LIPUTAN TANJUNGPINANG : AFRIADI
EDITOR : RUSMADI

Jelang Ramadhan, Ikan dan Cabai Di Pasar KUD Melonjak Naik.(Photo : Afriadi)
Jelang Ramadhan, Ikan dan Cabai Di Pasar KUD Melonjak Naik.
(Photo : Afriadi)
Jelang Ramadhan, Ikan dan Cabai Di Pasar KUD Melonjak Naik.(Photo : Afriadi)
Jelang Ramadhan, Ikan dan Cabai Di Pasar KUD Melonjak Naik.
(Photo : Afriadi)
Shares

No More Posts Available.

No more pages to load.