Manfaatkan Waktu Luang Dengan Mancing

oleh

LINGGA (SK) — Mancing, banyak sekali masyarakat yang menggemarinya, baik itu, merupakan pekerjaan untuk menopang kehidupan keluarga, atau hanya menyalurkan hobbi, maupun untuk mengisi waktu yang kosong dengan yang lebih bermanfaat sambil mencari rezeki.

Di Dabo Singkep sendiri tempat yang menjadi favorit bagi sebagian masyarakat yang gemar memancing maupun menjaring adalah Pelabuhan Dabo. Ketika kita berjalan menyusuri pelabuhan Dabo, banyak sekali masyarakat yang memancing maupun mejaring, kegiatan memancing di Pelabuhan Dabo ini boleh dikatakan hampir setiap waktu, baik itu, pagi, sore, maupun malam hari.

Amat, salah satu pemancing di Pelabuhan Dabo, menuturkan, kegiatan mancing di Pelabuhan Dabo ini telah lama sekali dilakukannya, hanya saat memancing tergangtung dari pasang surut air, karena air juga penentu saat kita memancing.

“Kadang meski kita lihat air nya bagus, tapi keruh dan kotor susah untuk mendapatkan ikan, dan ikan yang didapat pun menentu boleh dikatakan berbagai jeni ikan, tapi yang paling sering dapat ikan bulus-bulus,” ujarnya, kepada Sijori Kepri, Ahad (18/10/2015). di Pelabuhan Dabo.

BACA JUGA  Pemasangan Dafra Pelabuhan Dabo Terkesan Asal Jadi

Sama halnya yang dikatakan, Amat, pemancing lain, Usman, juga mengatakan, umpan yang dipakai pemancing di Pelabuhan Dabo beragam jenisnya, ada yang menggunakan umpun-umpun, Udang, Remis, Nos (cumi-Red), hingga umpan buatan sendiri dari berbagai campuran sehingga menjadi seperti adonan kue. Namun, untuk membuat umpan ini, ada biaya yang harus dikeluarkan, karena bahannye kita beli.

“Biasanya, umpan buatan ini digunakan untuk memancing ikan dompol (jenis ikan belanak hanya lebih besar-Red), tapi kalau umpan umpun-umpun yang saya gunakan ini, hanya ikan bulus-bulus yang didapat, sedikit sekali ikan jenis lain mau memakannya, karena tempat saya memancing pun tidak jauh dari bibir pantai,” ungkapnya.

Kalau pagi seperti sekarang, lanjutnya, tidak terlalu ramai orang memancing, tapi kalau sore dan malam hari, akan lebih ramai pemancing dan penjaring di pelabuhan ini, mungkin karena cuaca yang cukup panas sehingga tidak banyak yang mancing pada pagi,

“Selain itu, pemancing di Pelabuhan Dabo ini, tidak bergantung pada musim angin, jadi musim apa saja tetap ada yang memancing di pelabuhan ini,” tandasnya. (SK-Pus)

BACA JUGA  Pelabuhan Dabo "TERKESAN ASAL JADI"

LIPUTAN LINGGA : PUSPANDITO
EDITOR : RUSMADI

Terlihat beberapa warga yang sedang memancing di Pelabuhan Dabo.(Photo : Puspandito)
Terlihat beberapa warga yang sedang mancing di Pelabuhan Dabo.
(Photo : Puspandito)
Mengisi waktu luang dengan memancing di Pelabuhan Dabo.(Photo : Puspandito)
Mengisi waktu luang dengan mancing di Pelabuhan Dabo.
(Photo : Puspandito)

 

No More Posts Available.

No more pages to load.