Ratusan Photographer Ikuti Lomba Photo Contest FPP 2016

oleh

TANJUNGPINANG (SK) — Hingga Jumat, (05/02/2016), ratusan Photographer sudah mendaftarkan diri, untuk mengikuti kegiatan Lomba Photo Contest, Sampena Festival Pulau Penyengat (FPP) 2016, yang digelar oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Tanjungpinang, bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata RI.

“Saya dapat info dari Event Organizar (EO) FPP 2016, Muhammad Snut, Jumat, kemarin, peserta Photo Contest yang sudah mendaftar mencapai 150 orang, dari pelbagai Provinsi di Indonesia,” ujar Kepala Seksi Promisi Wisata, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Tanjungpinang, Maswito, Sabtu, (06/02/2015).

Menurut Maswito, ketentuan lomba foto ini berlaku untuk seluruh Warga Negara Indonesia (WNI) dan tidak dipungut biaya dalam mengikuti lomba. Kemudian foto harus diambil dengan kamera digital (DSLR, Mirroes), bukan kamera ponsel atau tablet. Bagi peserta yang mau mendaftar ketentuannya, antara lain, kirim 3 (tiga) karya foto dengan tema Pesona Alam dan Budaya (lokasi bebas), cantumkan data diri, serta alamat dan nomor ponsel yang bisa dihubungi.

“Nanti Dewan Juri akan memilih 40 peserta, yang masuk nominasi untuk ikut trip Pulau Penyengat. Kemudian semua peserta yang lolos, akan di SMS dan dikonfirmasi melalui via email, pada tanggal 13 Februari 2016. Panitia memberikan akomodasi dan transporasti lokal selama trip lomba,” ujarnya lagi.

Festival Pulau Penyengat (FPP) 2016.
Festival Pulau Penyengat (FPP) 2016.

Bagi peserta yang lolos nominasi, sambung Maswito, diharapkan sudah berada di Tanjungpinang, paling lambat tanggal 19 Februari 2016, karena akan dilaksanakan technical meeting pada malam harinya. Sedangkan foto yang akan dilombakan, adalah pemotretan pada saat itu juga, bukan menggunakan foto lama. Rekayasa digital hanya diizinkan dalam bentuk cropping, saturasi, highlight, shadow, dogde, dan burn.

Selanjutnya, kata Maswito, semua foto finalis menjadi milik panitia dan bebas digunakan sebagai bahan publikasi, tanpa harus meminta izin terlebih dahulu, serta bebas dari segala tuntutan, mengenai isi foto dan model releasie. Panitia berhak mendiskualifikasi peserta, apabila terdapat kecurangan dan ketidaksesuaian dalam persyaratan foto.

“Puncak acara adalah Lomba Photo Contest, berlangsung pada tanggal 23 Februari 2016 dan pengumuman akan dilaksanakan tanggal 24 Februari 2016, sekaligus penutup kegiatan,” ujar Maswito, yang juga Koordinator Sekretariat Panitia Pelaksana FPP 2016.

Dikatakan Maswito, pemenang photo contest, selain mendapatkan uang, juga tropi dan sertifikat. Juara I akan mendapatkan uang tunai Rp 15 juta, Juara II Rp10 Juta dan Juara III Rp7 juta. Kemudian best landscape dan nature Rp 2 juta, best culture Rp 1,5 juta), dan foto favorit Rp 1 juta.

“Sedangkan dewan juri, terdiri dari Yusuf Ahmad (Photographer nasional), Yuli Saferi (Ketua KFC Provinsi Kepri), dan Firman Afriansyah. Semua juri ini sudah berpengalaman dan tidak lagi diragukan kredibiltasnya,” pungkasnya. (SK-RM/R)

IKLAN FPP 2016