LINGGA

BLH Lingga Mulai Bersihkan Sungai

×

BLH Lingga Mulai Bersihkan Sungai

Sebarkan artikel ini

LINGGA (SK) — Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Lingga, mulai menangai Kolong Dabo Lama, yang sebelumnya telah direncanakan untuk menangai genangan air, sehingga membuat kolong tersebut kelihatan kumuh dan tempat nyamuk bersarang, untuk itu, hal ini kiranya perlu dipandang serius untuk mengatasinya.

Kepala BLH Lingga, Drs Junaidi Adjam, ketika dikofirmasi Sijori Kepri terkait masalah ini, mengatakan, Untuk kegiatan pembersihan sungai tersebut, kami hanya menyiapkan Tenaga Harian Lepas (THL) yang diberi honor harian, dalam 1 bulan untuk 20 hari kerja, jadi kita tidak menggunakan pihak ke dua.

GESER UNTUK BACA BERITA
GESER UNTUK BACA BERITA

“Kami hanya menyiapkan THL dan perlengkapan kerja mereka, untuk honor mereka kita gaji Rp 65 Ribu per harinya,” terangnya, melalui telpon selularnya, Kamis (10/03/2016).

Untuk tahun ini, kata Junaidi, kami mencoba mengupayakan pembersihan sungai ini untuk di tiga wilayah, yakni, Sungai Daek, Sungai/Kolong Dabo Lama, Kecamatan Singkep, dan Sungai di Kecamatan Singkep pesisir, untuk kegiatan pembersihan Sungai/Kolong ini, kita menyiapkan 4 orang THL.

“Kegiatan pembersihan Sungai/Kolong ini, bertujuan agar tidak ada lagi terlihat sampah-sampah yang berserakan yang menimbulkan penyakit, sekaligus, menjadikan daerah ini bebas dari sampah rumah tangga, yang biasanya di buang dalam sungai,” paparnya.

Jadi untuk kegiatan ini, lanjut Junaidi, kami bukan normalisasi sungai, namun, pembersihan sungai, dana hanya untuk gaji THL, kalau tidak difisit, mudah-mudahan untuk satu tahun anggaran, “Jadi tidak ada sistem borong,” imbuhnya. (SK-Pus)

Kondisi kolong Dabo Lama (Foto : Puspandito)
Kondisi kolong Dabo Lama (Foto : Puspandito)
Follow