, ,

Bupati Lingga Buka Secara Resmi STQ Ke 6

oleh
Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

LINGGA (SK) — Bupati Lingga, Drs H Daria, membuka secara resmi Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) Ke 6 tingkat Kabupaten Lingga, yang berlansung dari 17 hingga 23 Maret 2016, dilaksanakan di Lapangan Sepak Bola Sultan Mahmud Riyat Syah, Daik Lingga.

Sebelum perhelatan dua tahunan tersebut di gelar, telah dilaksanakan malam ta’rub pada Senin (16/03/2015) malam, selanjutnya pada Selasa (17/03/2015) pagi, dilaksanakan pawai ta’rub, dikuti pelantikan 60 orang dewan hakim.

Dalam sambutannya, Bupati Lingga, Drs H Daria, meminta agar para dewan hakim dapat bertindak adil dalam memberikan nilai kepada peserta bertanding, dan juga bijaksana dalam mengambil keputusan.

“Kepada peserta pemenang STQ ke 6 nantinya akan menjadi duta Lingga, untuk mengikuti STQ tingkat Provinsi, yang rencananya akan berlangsung Kabupaten Natuna, pada mei mendatang, kita ingin pemenang STQ ini memang yang terbaik dan akan membawa nama Lingga dalam even STQ Kepri,” ucap Daria.

Ketua Panitia STQ ke 6 M Aini, dalam laporannya, dasar pelaksanaan STQ di Kabupaten Lingga, dengan tujuan untuk mempererat tali silaturahmi dan rukun islam, serta meningkatkan taqwa kepada Allah SWT dan mencintai para Nabi.

“Selain itu, STQ untuk meningkatkan kemampuan dalam membaca dan memahami isi kandungan di dalam AL- Qur’an dan juga juga meningkatkan ketakwaan dan keimanan terhadap al-quran,” sebutnya.

Dilanjutkan, Cabang yang dipertandingkan pada STQ ke 6 tingkat Kabupaten Lingga, yakni, Tilawah, Tartil, Hibzil Qur’an, Sarhil, fahmil Qur’an, Khat, Musabaqah karya ilmiah Qur’an serta Rebana.

“Sembilan kecamatan yang ada di Kabupaten Lingga, telah mengirim Qori/Qori’ah terbaik mereka guna mengikuti STQ ke-6 ini, dengan jumlah Qori/Qori’ah dari 9 kecamatan sebanyak 208 peserta, kegiatan ini sepenuhnya menggunakan dana APBD Lingga,” terangnya.

Sementara itu Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kabupaten Lingga, Drs Abu Hasim MM. dalam memberikan sambutannya, beberapa kecamatan telah mengusulkan untuk melaksanakan kegiatan STQ/MTQ di tingkat desa.

“Namun tentunya hal ini menjadi pertimbangan kita, selain dari segi anggaran yang mesti kita pikirkan, ada hal yang lain yang harus juga di pikirkan sebelum pelaksanaan kegiatan STQ/MTQ di tingkat desa, memang dalam pendidikan dan pengembangan al-qur’an harus berawal dari sejak dini, untuk menciptakan generasi yang al-qur’ani,” paparnya. (SK-Pus)

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

height="100%"

loading...
banner 740x400

banner

banner