Daya Beli Masyarakat Tanjungpinang Turun

oleh

TANJUNGPINANG (SK) — Daya beli masyarakat Kota Tanjungpinang terhadap komoditas kebutuhan pokok di pasar tradisional mengalami penurunan.

“Hal ini dipengaruhi beberapa faktor, seperti melemahnya ekonomi secara global serta banyaknya warung yang menjual komoditas kebutuhan tersebut di area pemukiman warga,” ucap Kabid Perdagangan, Teguh Susanto, Jumat.

Sehingga, masyarakat lebih memilih berbelanja di warung sekitar pemukiman daripada ke pasar. Karena, selain lengkap, harga komoditas yang dijual di warung-warung tersebut juga tidak terlalu mahal.

“Ditambah lagi jumlah warung sayur yang menjual komoditas kebutuhan pokok tersebut semakin banyak di Tanjungpinang,” ucap Teguh.

Akibatnya, tidak sedikit pedagang di pasar tradisional Tanjungpinang mengeluh tentang kondisi melemahnya daya beli masyarakat tersebut sejak tiga pekan terakhir.

BACA JUGA :  Agung Mulyana Optimis Pertumbuhan Ekonomi Kepri Positif

Menurut Teguh, melihat lemahnya daya beli masyarakat tersebut, secara otomatis harga komoditas kebutuhan pokok menurun di Tanjungpinang. Seperti harga cabai merah dari Rp40.000 per kilo turun menjadi Rp32.000 per kilo, cabai hijau dari Rp28.000 per kilo menjadi Rp25.000 per kilo dan cabai rawit dari Rp26.000 ke harga Rp25.000.

Namun, kiat menurunkan harga komoditas kebutuhan pokok tidak mampu menarik minat pembeli, sehingga daya beli tetap pada level melemah.

“Kondisi tersebut membuat pedagang berani menawarkan komoditas dengan istilah ‘jual rugi’. Karena, dari pada tidak laku, pedagang lebih memilih menjualnya meskipun mengalami kerugian,” papar Teguh sebagaimana diberitakan di laman antaranews.com.

Menurut Kabid Perdagangan Dinas Perindustrian Perdagangan Ekonomi Kreatif dan Penanaman Modal (Disperindag Ekraf dan PM) Kota Tanjungpinan tersebut, upaya pedagang untuk meramaikan pasar tradisional itu juga belum mampu meningkatkan daya beli.

BACA JUGA :  Nurdin Basirun : Kami Tidak Mencari “KAMBING HITAM”

Terkait melemahnya daya beli masyarakat tersebut, pihak penjual juga menyesuaikan pasokan yang diambil dari distributor dengan yang akan dijual nantinya. (SK-WR/saud mc)

Shares

No More Posts Available.

No more pages to load.