TANJUNG PINANG

Mendagri Akan Jadi Inspektur Upacara HUT RI ke 78 Tingkat Provinsi Kepri di Natuna

×

Mendagri Akan Jadi Inspektur Upacara HUT RI ke 78 Tingkat Provinsi Kepri di Natuna

Sebarkan artikel ini
Kadis Kominfo Provinsi Kepri, Hasan. (Foto : Ist)

TANJUNG PINANG — Persiapan rangkaian peringatan HUT RI ke 78 tingkat Provinsi Kepri yang  akan dilaksanakan di Kabupaten  Natuna sudah sangat matang.

Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad, melalui Kadis Kominfo Provinsi Kepri, Hasan, mengatakan, bahwa momen istimewa bagi Kabupaten Natuna tersebut didasarkan atas peran strategis wilayah ini sebagai gerbang utara perbatasan Indonesia dan Kepulauan Riau. 

GESER UNTUK BACA BERITA
GESER UNTUK BACA BERITA

Menurut Hasan, persiapan pelaksanaan seluruh rangkaian acara sampai saat ini sudah sangat matang. 

“Kepulauan Riau tidak hanya bicara soal Tanjung Pinang, Bintan, atau Batam. Tapi juga wilayah-wilayah terdepan. Ini menunjukkan perhatian besar terhadap wilayah perbatasan oleh Pemerintah Daerah maupun Pemerintah Pusat. Dalam rapat persiapannya pun, Pak Gubernur beberapa kali memimpin langsung,” kata Hasan, Rabu, 2 Agustus 2023.

Hasan menambahkan, Perayaan HUT ke 78 Republik Indonesia tingkat Provinsi Kepri kali ini juga akan semakin bersemangat dengan kehadiran Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia (Mendagri), Tito Karnavian, yang akan bertindak sebagai Inspektur Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi dan Upacara Penurunan Bendera Sang Merah Putih di Natuna. 

Agenda Gubernur Ansar di Natuna sendiri akan berlangsung selama 4 hari, dimulai dari 15 Agustus hingga 18 Agustus 2023. 

Rangkaian peringatan di Kabupaten Natuna meliputi Pawai Pembangunan dan Jambore PKK di Pantai Piwang pada 16 Agustus 2023. Kemudian Pengukuhan Paskibraka Provinsi Kepri akan dilangsungkan di Halaman Gedung Daerah Natuna serta Pawai Obor dan Apel Kehormatan dengan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan Ranai pada malam harinya. 

“Puncak peringatan HUT ke 78 Republik Indonesia pada 17 Agustus 2023 akan dirayakan dengan Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi, Lomba Gembira PKK, Upacara Penurunan Bendera Sang Merah Putih, serta malam ramah tamah dan hiburan rakyat yang diselenggarakan di Pantai Piwang, Natuna,” papar Hasan. 

Hasan melanjutkan, kunjungan kerja Gubernur Ansar di Kabupaten Natuna juga akan diisi dengan penyerahan bantuan insentif guru PAUD, bantuan pertanian, dan beasiswa. Juga penutupan pertandingan sepak bola dan bola voli yang akan dilaksanakan pada 15 Agustus 2023, di Gedung Sri Srindit dan Sports Hall Dispora Ranai. 

Kemudian pada 16 Agustus 2023, di Kabupaten Natuna akan diselenggarakan Pameran Gebyar Melayu Pesisir dan rapat Forkopimda sebagai bagian dari acara peringatan HUT ke-78 Republik Indonesia. 

“Sementara itu, di Ibukota Provinsi, Tanjung Pinang, akan diadakan Penganugrahan Tanda Kehormatan Satyalencana Karya Satya dan Purna Bhakti di Aula Wan Seri Beni pada 11 Agustus 2023. Upacara Peringatan HUT ke 78 RI akan digelar di Lingkungan Pemprov Kepri di Lapangan Apel Kantor Gubernur, Dompak, pada 17 Agustus 2023, serta pemberian remisi di Lapas Km 18, Tanjung Pinang,” tutupnya. ***

(ron)