TPS Tidak Tersedia, Warga Buang Sampah Sembarangan

oleh

– Tumpukan Plastik Berserakan di Sepanjang Jalan Handjoyo Putro.

TANJUNGPINANG (SK) — Sepanjang Jalan Handjoyo Putro Km 9 Tanjungpinang masih terlihat sampah yang berserakan dipinggir jalan, lantaran Tempat Pembuangan Sementara (TPS) tidak juga disediakan Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungpinang. Tak hayal, warga sekitar memilih lahan kosong untuk membuang sampah rumah tangga sehingga tumpukan-tumpukan plastik menghiasi sisi kiri dan kanan jalan tersebut.

Beberapa warga RT 02 RW 14 menilai buruknya kinerja intansi terkait minimnya penyediaan tempat pembuangan sampah untuk masyakarat, sehingga membuat warga maupun pengguna jalan kerap membuang sampah sembarangan. Salah seorang warga RT 02 RW 14, Anisa (38) mengatakan sudah biasa warga sekitar membuang sampah disepanjang jalan tersebut.

“Sebenarnya ada yang mengakut sampah menggunakan Kaisar (Motor roda tiga), tetapi tidak juga ada perubahan, sampah masih saja berserakan dimana-mana. Disinipun ada pemulung yang biasa mengambil sampah, akan tetapi setiap sampah yang mereka ambil pasti dibuang ke kebun belakang,” ujar Anisa, Jumat (17/4/2015).

BACA JUGA  Masyarakat Risih Dengan Sampah Di Pelantar II Tanjungpinang

Selain itu, Ketua RT 02 RW 14 Hamdi membenarkan warganya kerap membuang sampah dilokasi tersebut. Dan ia mengaku sebagian lahan tersebut merupakan kebun milik pamannya yang dijadikan tempat pembuangan sampah.

“Saya selaku ketua RT disIni sebenarnya sudah sering menghimbau kepada warga untuk tidak membuang sampah sembarangan, tetapi masih saja warga membuang sampah dilokasi dengan alasan karena tidak ada bak sampah dan malas mencari tempat pembuangan sampah yang jauh,” jelas Hamdi.

Dengan begitu, Hamdi berharap kepada Dinas Kebersihan Kota Tanjungpinang agar bisa menyediakan tempat sampah yang memadai untuk mencegah penumpukan maupun aksi buang sampah sembarangan disepanjang jalan tersebut.

“Menyikapi keluhan warga dengan tidak tersedianya TPS dilokasi, saya berharap kepada intansi terkait untuk bisa menyediakan tempat sampah disekitar lokasi sehingga ceceran plastik-plastik sampah rumah tangga ini tidak berserakan yang dapat mecemari lingkungan,” harapnya.

Sementara itu, terkait hal tesebut dikonfirmasi kepada Dinas Kebersihan Kota Tanjungpinang yang beralasan sudah ada penyediaan bak sampah untuk daerah tersebut. Namun pihaknya masih menunggu konfirmasi Kelurahan Batu IX mengenai lahan untuk lokasi bak sampah yang hingga kini belum tersedia.

BACA JUGA  Camat Singkep Akan Pasang Plank Peringatan Tentang Sampah

“Dulu pernah tersedia bak sampah didaerah tersebut, namun tergusur karena pembangunan Water Boom. Kami selaku staff juga telah bekerja dengan semaksimal mungkin, tetapi keluhan masyarakat ini yang ingin dilayanin, akan tetapi tanpa ada kesadaran diri sendiri untuk tidak membuang sampah sembarangan. Itu yang membuat kami semua kerepotan,” keluh Andis kepada Sijori kepri, di kantor Dinas Kebersihan Kota Tanjungpinang. (SK-GAS/LU)

Tumpukan Plastik Berserakan di Sepanjang Jalan Handjoyo Putro - 2
Tumpukan Sampah Berserakan di Sepanjang Jalan
Handjoyo Putro, Jumat (17/4/2015). Photo : Galang
Tumpukan Sampah Berserakan di Sepanjang Jalan<br/> Handjoyo Putro, Jumat (17/4/2015). Photo : Galang
Tumpukan Sampah Berserakan di Sepanjang Jalan
Handjoyo Putro, Jumat (17/4/2015). Photo : Galang

 

No More Posts Available.

No more pages to load.