UMRAH Wisudakan 698 Sarjana Baru

oleh
Dies Natalis VII dan Wisuda V UMRAH Tahun 2014

TANJUNGPINANG (SK) — Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH), Tanjungpinang wisudakan 698 sarjana baru. Rektor UMRAH Prof DR Syafsir Akhlus M.Sc, memimpin prosesi wisuda yang berlangsung di Gedung Aula, Balairung Wan Seri Beni, Dompak, Tanjungpinang, Sabtu (27/9/2014).

Dalam rangkaian acara wisuda sarjana tahun akademik 2013-2014 dan Dies Natlis ke VII, turut hadir Gubernur Kepri H M Sani dan guru besar Universitas Teknologi Malaysia (UTM) Prof. Ir. Dr. Ab. Saman ab Kader yang turut memberikan orasi ilmiah dengan tema judul Kecermelangan Kemaritiman Dunia Melayu abad 21.

Dalam kesempatan tersebut, Rektor Umrah Prof. Dr. Syafsir Akhlus, M.Sc dalam sambutannya menyampaikan, bahwa acara wisuda yang berlangsung kemarin juga bertepatan dengan 100 hari kerja rektor baru, dirinya. Sehingga momen wisuda pertama yang dihadirinya sebagi rektor ini, memberikan makna tersendiri baginya.

“Pada hari ini, dalam acara wisuda juag bertepatan dengan 100 hari saya menjadi rektor di Umrah. Jatuhnya tanggal yang bertepatan sama persis ini, merupakan kebetulan yang baik dan mudah-mudahan memberikan kesan dan menjadi makna tersendiri terlebih bagi saya,” ungkapnya.

BACA JUGA  Pemkab Natuna MoU Dengan UMRAH

Selain itu, dilanjutkanya bahwa Umrah juga selama ini terlah berupaya menambah jumlah dosennya. Sementara saat ini umrah telah memiliki 123 dosen dan 51 tenaga pengajar lainnya. Dimana dari ratusan dosen yang ada, pendidikan minimalnya telah mencapai, sedikitnya 94 persen berpendidikan S2 dan sebagian lainnya telah mendapatkn gelar S3.

“Hal ini menjadikan tiap tahunnya jumlah mahasiswa yang ingin masuk ke Umrah terus mengalami peningkatan. Maka demikian kami juga akan menambah jumlah dosen,” ujarnya.

Pada tahun ini, kata Syafsir, Umrah menerima 1.246 mahasiswa dari 4000 calon mahasiswa yang melamar dengan sembilan prodi yang ada. Selain untuk menyeimbangkan jumlah mahasiswa, penambahan jumlah dosen di Umrah juga untuk menaikkan peringkat rangking kampus negeri di Kepri ini. Saat ini sesuai yang dikatakan Syafsir, Umrah telah berada di peringkat 153 dari 451 daftar universitas di Indonesia hanya dalam rentang waktu tujuh tahun.

“Kita memiliki target tahap pertama dalam peringkat ini, yakni mampu mecapai peringkat 100 dalam daftar rangking universitas ini,” jelasnya.

BACA JUGA  PAUD Pelita Insani Wisuda Anak Didik

Sementara itu, Gubernur Kepri H Muhammad Sani, dalam kesempatannya memberikan sambutan juga menyampaikan, memanfaatkannya dengan memberikan “wejangan” kepada ratusan mahasiswa yang telah resmi diwisuda ini.

“Jadilah wisudawan yang berkarakter. Ilmu memang penting, tapi karakter adalah segalanya,” kata Sani.

Ia menekankan, dalam kehidupan setelah wisuda yang berlangsung kemarin, generasi penerus pencetus kemajuan bangsa ini akan menghadapi lebih banyak tantangan lagi. Yang mana semuanya pasti dan harus dilewati. Sehingga karakter menjadi kunci yang sangat penting untuk melewati berbagai tantangan hidup kedepannya.

“Tentu selalu yang saya harapakan Umrah bisa memberikan warna bagi dunia pendidikan di Kepri. Mudah-mudahan kedepan Umrah bisa unggul di ke Maritimannya. Mengingat, Kepri adalah Provinsi Kepulauan yang dimana lebih luas lautnya dari pada daratan,” tutup Sani. (SK-001)

 

No More Posts Available.

No more pages to load.