Forum 77 Gelar Bhakti Sosial di Air Gemuruh

oleh

LINGGA (SK) — Forum 77 yang melaksanakan Bhakti sosial di Air Gemuruh, Sabtu (25/7/2015) lalu, yang merupakan sumber air bagi Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Dharma, guna mensuplai kebutuhan untuk masyarakat Dabo Singkep, Bhakti sosial ini yang dilakukan ini kerena peduli akan lingkungan namun ditemukan fakta lain, yakni, pembalakan liar yang dilakukan oleh sekelompok orang untuk mengambil kayu, tentunya dengan diambilnya kayu-kayu ini membuat tanah dipinggir sungai menjadi erosi.

“Awalnya kita 15 orang dari Forum 77 bersama beberapa warga yang peduli akan lingkungan, datang untuk membersihkan sumber mata air dari lumpur dalam agenda Bhakti sosial kami, ini merupakan upaya melestarikan hutan dikawasan sumber mata air,” ucap salah seorang anggota Forum 77, Junaidi Adjam, kepada wartawan, Selasa (28/7/2015).

Namun setelah kami tiba dilokasi sumber air PDAM tersebut, kita merasa prihati dengan kondisi airnya, terlihat disekitar daerah tersebut hutannya sudah banyak yang gundul akibat dari pembalakan liar yang dilakukan oleh sekelompok orang yang tidak bertanggung jawab.

BACA JUGA  Bina Daerah Pesisir, Lantamal IV Gelar “BHAKTI SOSIAL KESEHATAN TNI AL”

“Debet air yang terdapat dalam bendungan air gemuruh sangat jauh berkurang, akibat dari pembalakan liar membuat tanah disekitar sungai yang berbukit menjadi erosi masuk kedalam sungai dan bak penampungan,” Lanjut Junaidi.

Dengan jumlah anggota yang datang hanya 15 orang kita tidak dapat berbuat banyak untuk melarang sekolompok orang yang melakukan penebangan pohon.

“Kami dari Forum 77 minta kepada instansi terkait untuk segera melakukan tindakan, bila hal ini terus dibiarkan tentu pohon disekitar sungai akan habis,” terang Junaidi.

Bhakti sosial yang dilakukan Forum 77 ini adalah membersihkan bak penampungan air dari endapan lumpur, selain itu kita juga melakukan pembersihan jalan menuju air gemuruh dari kayu-kayu, yang banyak terdapat disepanjang jalan.

“Tujuan utama dari Bhakti sosial ini adalah bentuk peran serta kita terhadap kelestarian hutan Lindung Gunung Muncung, dan tempat sumber air masyarakat Dabo,” paparnya. (SK-Pus)

LIPUTAN LINGGA : PUSPANDITO
EDITOR : DEDI YANTO

Forum 77 Gelar Bhakti Sosial di Air Gemuruh (Photo : Puspandito)
Forum 77 Gelar Bhakti Sosial di Air Gemuruh
(Photo : Puspandito)

 

No More Posts Available.

No more pages to load.