Khazalik : Bintan Bisa Kembangkan Bawang Merah

oleh

BINTAN (SK) — Kelompok Tani Makaryo kelurahan Toapaya, melakukan panen perdana bawang merah bersama Wakil Bupati Bintan Drs. Khazalik, di kelurahan Toapaya, Kecamatan Toapaya, Kabupaten Bintan, Rabu (10/6/2015).

Panen perdana yang ditandai dengan pemetikan untaian bawang merah dengan disaksikan Kepala Dinas Pertanian, Kehutanan dan Peternakan Provinsi Kepulauan Riau, Drs. Said Jafar, Kepala kantor ketahanan Pangan, Kadis Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Bintan, Drs. Ahmad Izhar, Kadis Kependudukan dan Catatan Sipil, Yudha Inangsa, Camat Toapaya, pejabat terkait serta, para Kelompok petani.

Wakil Bupati Bintan, Khazalik yang diundang untuk melakukan panen perdana dilahan pertanian Mak Karyo mengatakan, bahwasanya dalam pengembangan pembibitan bawang ini perlu mendapat apresiasi karena, pembibitan yang dilakukan kelompok tani Mak Karyo itu, sudah mampu menghasilkan bibit bawang merah yang sudah mampu beradaptasi dengan iklim yang ada di Bintan.

BACA JUGA :  Sedang Lakukan Transaksi, 3 Pelaku Perjudian Higgs Domino OTT di Lubuk Baja Batam

“Dari panen perdana ini, kita optimis pertanian bawang di Bintan akan berkembang. Kita sepakat untuk memberikan branding bawang Bintan,” tutur Khazalik usai melakukan panen bawang perdana.

Khazalik mengingatkan, branding bawang Bintan dinilai sangat penting mengingat brand ataupun sebuah nama produk akan mempengaruhi pemasarannya dimasa yang akan datang. Dengan begitu, ketika brand bawang Bintan sudah diupload ke internet. Semua orang akan bisa mengetahui bahwa di Bintan punya pertanian bawang yang berkualitas baik.

“Brand itu sangat penting, jadi ketika orang didaerah lain melakukan searching didunia internet, dengan mengklik nama Bintan, maka bawang Bintan nanti akan ada disitu (Internet-red). Dengan begitu jelas, ini akan menjadi modal dasar untuk pemasaran hasil bawang Bintan ke Daerah lain diluar Bintan,” jelasnya.

BACA JUGA :  Desa Penaga Bintan, Sukses Lakukan “PANEN PERDANA”

Pemkab Bintan, kata Khazalik, akan terus mendukung dan mendampingi pembibitan bawang Bintan yang dilakukan oleh kelompok Mak Karyo itu. Dengan demikian, jelas bila pembibitan itu berkembang, maka Daerah lain di Bintan yang mayoritas pertanian itu akan melakukan penanaman bawang Bintan juga.

“Bila pembibitan bisa maju, dan bisa mensuplai bibitnya ini ke Daerah lain di Bintan. Maka bawang Bintan, saya yakin tidak hanya untuk didistribusikan di Bintan dan Tanjungpinang saja, tetapi saya yakin bawang Bintan juga akan mensuplai seluruh kebutuhan bawang di Daerah lain di Kepri,” tambahnya.

Tak hanya melakukan panen perdana bawang saja, Khazalik juga menyerahkan secara simbolis bantuan dari Pemkab Bintan berupa belasan unit mesin pemotong rumput, beberapa sprayers serta bibit tanaman seperti salak, jambu, mangga dan lain sebagainya.

BACA JUGA :  Tiga Kecamatan Pemekaran di Natuna Segera Diresmikan

Hadir pula dalam panen bawang perdana itu, Kepala Dinas Pertanian Kepri, Said Jafar, Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan Bintan, Ahmad Izhar, Camat Toapaya, Fahcrim, Lurah Toapaya Asri, serta perwakilan masyarakat diseluruh wilayah di Bintan. (SK-DY/R)

Khazalik : Bintan Bisa Kembangkan Bawang Merah  (Photo : Humas Bintan)
Khazalik : Bintan Bisa Kembangkan Bawang Merah (Photo : Humas Bintan)
Shares

No More Posts Available.

No more pages to load.