Maraknya Penggunaan Ijazah Asli Tapi Palsu (Aspal)

oleh

LINGGA (SK) — Ijazah Asli tapi palsu (Aspal) bukanlah sebuah cerita baru lagi kalangan Pegawai Negeri Sipil (PNS), dari Pemerintah pusat hingga ke Daerah kita mendengar penggunaan ijazah aspal ini untuk berbagai keperluan, yang paling dominan penggunaan ijaza aspal adalah untuk mencari pekerjaan, baik itu dipemerintahan maupun swasta, tidak hanya kalangan PNS dikalangan Dewan Perwakilan Rakyat juga terdengar penggunaan ijazah aspal ini.

Bukan tidak mungkin dikalangan PNS Lingga juga ada penggunaan ijazah palsu, dari sumber yang diterima Sijori Kepri, ada beberapa PNS Lingga yang menggunakan Ijazah aspal yang diduga berasal dari beberapa Daerah ini, antara lain Pekanbaru (Riau), Jakarta, Bandung, Sumatra Barat dan juga Wilayah Kepri sendiri.

“Karena setelah dilakukan pengecekan yang bersangkutan tidak pernah kuliah di Daerah tersebut, kita minta Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Lingga mengecek kembali keabsahan ijazah PNS Lingga tersesebut,” ujarnya yang enggan menyebutkan namanya, Kamis (4/6/2015).

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Yuddy Chrisnandi, mengatakan, pihaknya akan mengeluarkan surat edaran ke Kementerian, lembaga dan Pemerintah Daerah untuk melakukan pengecekan ulang ijazah PNS.

“Saya sudah minta Sekretaris KemenPAN-RB untuk membuat surat edaran yang akan diteruskan ke seluruh Kementerian, Lembaga dan Pemerintah Daerah agar seluruh inspektorat melakukan pengecekan ulang ijazah PNS-nya,” kata Yuddy dalam konferensi pers di Gedung BPPT II, Komplek Kementerian Ristek dan Dikti, Jakarta, Selasa (26/5/2015), terkait adanya kasus ijazah palsu. (dari kutipan tulisan. KOMPAS.COM)

Kita tunggu saja apakah BKD Lingga, akan melakukan pengecekan terhadap ijazah PNS Kabupaten Lingga, yang di duga ada menggunakan ijazah Aspal untuk menjadi PNS maupun untuk menaikan golongan setelah menjadi PNS dilingkungan Pemkab Lingga. (SK-Pus)

LIPUTAN LINGGA : PUSPADINTO

EDITOR : DEDI YANTO

 

No More Posts Available.

No more pages to load.