PNPM Pedesaan di Bintan Capai Rp 20 Miliar

oleh
– Tahun 2008-2014

BINTAN (SK) — Sejak tahun 2008 sampai 2014, dana yang dikucurkan melalui PNPM pedesaan untuk 9 Kecamatan, 35 desa dan 12 kelurahan di Kabupaten Bintan mencapai Rp20,97 miliar lebih.

Dana tersebut berasal dari APBD Kabupaten Bintan dan dana yang sudah dikucurkan melalui APBN sekitar Rp45,31 miliar lebih. Tahun ini, seluruh PNPM dari pusat terjadi pemangkasan anggaran mencapai 11 persen, sehinga pengucuran kepada penerima manfaat tidak sampai merata.

Demikian disampaikan Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan KB (BPMPKB) Kabupaten Bintan Kartini pada acara penyerahan bantuan PNPM pedesaan kepada penerima manfaat sekaligus penyerahan insentif RT/RW se-Kabupaten Bintan di aula kantor Camat Bintan Timur Kijang, Selasa (14/10).

BACA JUGA :  Apri Sujadi Launching Desa Bersinar

“Pemangkasan yang dilakukan oleh pusat yang tidak terakomodir tidak ada masalah, karena melalui APBD bisa ditanggulangi. Seperti tyahun ini, alokasi kucuran dana PNPM pedesaan untuk penerima manfaat mencapai sekitar Rp1,9 miliar,” kata Kartini.

Alokasi anggaran tersebut terangnya mencakup pembangunan sarana dan prasarana seperti tambatan perahu nelayan, pos yandu, TPA, TPQ, pelatihan jahit, bengkel, beasiswa dan lainnya.

Sampai dengan tahun 2014 ini ada sekitar 28.581 orang penerima manfaat dari program PNPM pedesaan dan begitu juga dengan simpan pinjam perempuan sebanyak 612 keluarga.

“Untuk itu, perlu pengawasan secara melekat oleh masyarakat sendiri dan kita bersama, begitu juga dengan pengembangan kegiatan harus tepat waktu, sehingga dapat dimanfaatkan untuk keluarga,” imbuhnya.

BACA JUGA :  Pria Kelahiran Kundur Terpanggil Maju di Pilgub Kepri 2020

Wakil Bupati Bintan Khazalik usai pemberian bantuan kepada penerima manfaat mengucapkan apresiasi kepada seluruh penerima manfaat, sehingga dana yang dikucurkan dapat dikembalikan tepat waktu dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

“Untuk dana yang dipinjam melalui PNPM pedesaan agar dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya dan dimanfaatkan untuk kepentingan pendapatan ekonomi keluarga,” imbuhnya. (HK/SK-001)

Shares

No More Posts Available.

No more pages to load.