TANJUNG PINANG

PWI Kepri Buka Pendaftaran Anggota Muda PWI, Ini Persyaratannya

×

PWI Kepri Buka Pendaftaran Anggota Muda PWI, Ini Persyaratannya

Sebarkan artikel ini
Ketua PWI Provinsi Kepri, Andi. (Foto : PWI)

TANJUNG PINANG — Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Kepri membuka kesempatan bagi wartawan yang kompeten untuk bergabung sebagai anggota muda PWI Kepri. Pendaftaran dibuka hingga Minggu, 30 Juni 2024.

Ketua PWI Provinsi Kepri, Andi, mengharapkan seluruh ketua dan pengurus PWI di kabupaten/kota se-Kepri untuk membuka pendaftaran di daerah masing-masing.

GESER UNTUK BACA BERITA
GESER UNTUK BACA BERITA

“Bagi calon anggota muda PWI Kepri diharuskan mendapat rekomendasi atau usulan dari ketua PWI kabupaten/kota di daerah masing-masing,” ujar Andi pada Kamis, 6 Juni 2024.

Calon anggota bisa mengisi formulir pendaftaran yang telah disediakan. “Terdapat tiga rangkap formulir yang disediakan PWI Kepri. Pertama, formulir pendaftaran. Kedua, pernyataan kesediaan bergabung dengan PWI. Ketiga, pernyataan dari pemimpin redaksi bahwa calon anggota benar bekerja di media yang dipimpin,” ujar Andi.

Selain itu, calon anggota muda PWI Kepri harus bekerja pada media yang berbadan hukum dan, bagi yang telah lulus Uji Kompetensi Wartawan (UKW), harus melampirkan sertifikat atau kartu UKW.

Calon anggota PWI dapat menghubungi sekretariat PWI kabupaten/kota di wilayah masing-masing untuk mendapatkan rekomendasi yang akan diteruskan ke PWI Kepri.

Andi juga menjelaskan tentang orientasi Organisasi Keanggotaan dan Kewartawanan (OKK) bagi anggota baru.

“Seluruh anggota muda PWI akan mengikuti Orientasi OKK. Begitu juga anggota muda PWI Kepri yang belum pernah ikut orientasi OKK,” tegasnya.

Didampingi Wakil Ketua Bidang Organisasi PWI Provinsi Kepri, Novianto, Andi menegaskan soal perpanjangan kartu anggota biasa dan muda. Berdasarkan PD/PRT, bagi anggota biasa PWI yang masa berlaku kartunya telah habis lebih dari satu tahun, akan kembali menjadi anggota muda PWI. Begitu pula kartu anggota muda PWI yang masa berlakunya telah habis lebih dari satu tahun, tidak bisa naik tingkat menjadi anggota biasa.

“Ke depan, tidak ada lagi diskresi terhadap anggota yang kartunya mati lebih dari satu tahun,” jelas Andi. ***

(Wak Dar)

Follow