Ratusan RTLH di Bintan Tak Masuk Anggaran 2015

oleh

BINTAN (SK) — Sebanyak 108 Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) diwilayah Bintan dipastikan tidak akan menerima bantuan yang bersumber dari program inisiatif daerah. Hal ini ditegaskan Wakil Bupati Bintan Khazalik usai menghadiri rapat evaluasi bersama di kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Bintan di Tanjungpinang, Rabu (14/1/2015) pagi.

Khazalik menuturkan, pada tahun 2014 lalu, sedikitnya 558 RTLH di Bintan belum terealisasi. Sedangkan pada tahun 2015, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) hanya mengalokasikan sebanyak 450 RTLH.

“Kekurangannya akan tetap kita anggarkan lagi pada tahun berikutnya,” ucap Khazalik di Tanjungpinang.

Saat ini lanjutnya, pihaknya tetap melakukan evaluasi atas pedoman yang selama ini telah dibuat. Sehingga, persoalan-persoalan dimasyarakat dapat diakomodir dengan baik.

Khazalik menyebutkan, persoalan dimasyarakat seperti masyarakat yang melakukan perluasan bangunannya serta bangunan masyarakat yang berada diatas lahan milik pihak lain, agar bisa diakomodir oleh Pemkab Bintan.

“Persoalan seperti itu, yang akan kita akomodir lagi dengan pedoman yang sudah ada saat ini,” kata Khazalik.

BACA JUGA  Rumah Nazer Belum "TERSENTUH RTLH MAUPUN BSPS"

Untuk itu, pada pekan depan lanjut Khazalik, Dinas Sosial Bintan bersama instansi terkait lainnya akan melakukan evaluasi kembali terhadap keadaan dilapangan. Sehingga program pemerintah untuk mensejahterakan masyarakat dibidang sosial seperti RTLH bisa terealisasikan dengan baik.

“Nanti Perbubnya juga akan kita evaluasi, sehingga keinginan pemerintah untuk membantu memperbaiki rumah masyarakat bisa terealisasi dengan lancar,” tuturnya lagi.

Ratusan RTLH yang belum terakomodir pada tahun ini, membuat seleksi calon penerima bantuan inisiatif daerah itu semakin ketat. Seperti yang dikatakan oleh Camat Teluk Bintan, Asy Syukri. Dia menuturkan, untuk wilayah Teluk Bintan pada tahun 2015 ini sekitar 50 rumah lebih yang seharusnya mendapat bantuan RTLH dari pemerintah, hanya sekitar 40 rumah lebih yang sudah diverifikasi oleh tim dari Pemkab Bintan.

“Tahun ini kita hanya dapat sekitar 40 lebih saja,” tuturnya singkat.

Sementara untuk pembangunan RTLH dari alokasi anggaran tahun 2014, Asy Syukri menjelaskan, untuk diwilayahnya sudah sekitar 50 persen pembanguan RTLH sudah ditempati oleh warganya. Sedangkan untuk pembangunan RTLH yang lainnya, rata-rata pembangunannya sudah banyak yang hampir selesai.

BACA JUGA  Provinsi Kepri Akan Cairkan "30 PERSEN RTLH"

Sedangkan diwilayah Kecamatan Toapaya yang pada tahun 2014 lalu tidak mendapat bantuan RTLH dari Pemkab Bintan, Fachrim selaku Camat Toapaya menjelaskan, pada tahun 2015 ini sebanyak 59 RTLH diwilayahnya akan mendapat bantuan tersebut. Hanya saja, jumlah tersebut datanya belum diverifikasi lagi oleh tim dari Pemkab Bintan.

“Kita berharap, jumlah tersebut akan terakomodir semuanya jika diverifikasi nanti,” imbuhnya. (HK)

 

No More Posts Available.

No more pages to load.