Rumah Nenek Salbiah “TAK TERSENTUH PROGRAM PEMERINTAH”

oleh

LINGGA (SK) — Sangat memprihatinkan jika melihat kondisi Salbiah, nenek yang telah berusia 70 tahun lebih, warga Bukit Abun, Keluarahan Dabo Lama, Kecamatan Singkep. Diusia yang telah renta, harus tinggal sendiri dirumah yang lebih layak disebut gubuk, karena sudah tidak layak huni. Ketika hujan, nenek ini harus tidur duduk karena atap gubuknya bocor.

Meski dengan kondisi tersebut, nenek Salbiah tetap bertahan di gubok yang telah puluhan tahun ditinggalinya, karena gubuk nenek Salbiah jauh dari perkotaan sehingga luput dari pantauan perangkat Lurah dan Camat. Keadaan nenek Salbiah ini, merupakan temuan anak-anak muda dari Komunitas Mari Berbagai, yang di motori oleh para Alumni SMA Negeri 2 Singkep angkatan 2005.

Kurniawan Ferdiansyah, bersama rekan-rekan Komunitas mari berbagi, saat mengunjungi beberapa lokasi masyarakat kurang mampu di Dabo Singkep menemukan rumah nenek Salbiah. Melihat kondisi rumah yang sangat memperihatinkan tersebut, rekan-rekan dari Komunitas mari berbagi berencana akan membangun rumah tersebut, agar rumah nenek Salbiah menjadi lebih layak untuk ditinggali.

“Kita merasa sangat prihatin melihat kondisi gubuk nenek ini. Jika hujan, nenek Salbiah terpaksa tidur duduk. Untuk makan dan minum pun, nenek Salbiah hanya mengharapkan belas kasihan dari tetangga,” ungkap anak muda yang akrab disapa Erdi ini, Rabu, (20/07/2016).

Sementara Anggota Komunitas mari berbagi lainnya, Ferdian rahmat, menuturkan, meskipun niat rekan-rekan relawannya ingin membantu merehab rumah nenek Salbiah, namun peran Pemerintah Daerah juga sangat diharapkan untuk memberikan bantuan kepada nenek ini.

“Kami bantu rehab, tapi jika Pemerintah Daerah ikut berperan, tentu hasilnya akan lebih maksimal lagi. Nenek ini juga akan dapat terbantu beserta keluarga yang berada disekitarnya,” terangnya.

Salah satu tetangga nenek Salbiah, mengungkapkan, Nenek salbiah sudah cukup lama tinggal di rumah tersebut. Bahkan, sudah puluhan tahun menempati rumah tersebut. Para tetangga juga tidak mengetahui dimana kerabat nenek salbiah berada, meski memiliki anak dari penuturan tetangga setempat, nenek Salbiah sangat jarang mendapatkan perhatian.

“Kami para tetangga sekitar juga memiliki ekonomi yang kurang mampu, jadi bantuan yang kami berikan hanya seadanya saja. Rumah kami sendiri saja kondisinya tidak layak,” jelasnya kepada Komunitas mari berbagi.

Dari pantauan Komunitas mari berbagi, lokasi rumah nenek salbiah yang berada di Bukit Abun, Kelurahan Dabo Lama, tepatnya di belakang SDN 003 Singkep, memang cukup jauh dari perkotaan, jadi tidak terpantau oleh perangkat Lurah dan Camat. Yang akhirnya, setiap bantuan sosial dari program Pemerintah Pusat maupun Daerah, tidak mampu menyentuh rumah nenek Salbiah. (SK-Pus)

Shares

No More Posts Available.

No more pages to load.