, ,

Tim Zona Integritas Mabes TNI AU Kunjungi Lanud Hang Nadim Batam

oleh
Tim Zona Integritas Mabes TNI AU Kunjungi Lanud Hang Nadim Batam, dalam rangka Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) dilingkungan TNI AU. (Foto : Lanud Hang Nadim Batam)

Sijori Kepri, Batam — Tim Zona Integritas Mabes TNI AU Kunjungi Lanud Hang Nadim Batam, dalam rangka Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) dilingkungan TNI AU, khususnya bagi satuan yang ada di Batam, di ruang rapat Lanud Hang Nadim Batam, Senin, (25/01/2020).

Komandan Pangkalan TNI AU Hang Nadim (Danlanud Hang Nadim Batam), Letkol Pnb Iwan Setiawan, mengucapkan selamat datang kepada Letkol Sus Benidektus dan Mayor Tek Saudi Firmansyah di Lanud Hang Nadim Batam.

“Ucapan terima kasih berikut penghargaan yang tinggi, karena telah berkenan hadir di Lanud Hang Nadim Batam untuk memberikan Sosialisasi Zona Integritas kepada personel Lanud Hang Nadim yang ada di Batam,” kata Letkol Pnb Iwan Setiawan, dalam sambutan.

BACA JUGA  Polres Tanjung Pinang Komitmen Berikan Pelayanan Terbaik

Selanjutnya perlu kita ketahui bersama bahwa Zona Integritas adalah suatu wilayah dari instansi pemerintah yang memiliki komitmen untuk mewujudkan Wilayah Bebas Korupsi (WBK) atau Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam hal pencegahan dan peningkatan kualitas pelayanan.

Selain itu tujuan utama dalam pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM adalah untuk pencegahan korupsi, kolusi dan nepotisme, serta meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Masih kata Iwan Setiawan, bahwa membangun zona Integritas dilingkungan kerja kita merupakan kebijakan pemerintah mengenai reformasi birokrasi yang mengatur tentang pelaksanaan program reformasi birokrasi yang harus kita dukung sepenuhnya.

“Untuk itu, kita sebagai satuan atau unit kerja, harus bebas dari korupsi, serta menganut birokrasi yang bersih dan melayani,” ujarnya.

Dengan adanya Sosialisasi zona Integritas ini, akan dapat menambah bekal pengetahuan tentang Zona Integritas bagi personil Lanud Hang Nadim, sehingga dapat dijadikan pedoman dalam melaksanakan tugas-tugas kedepan.

“Dengan demikian saya memandang, bahwa sosialisasi tentang zona Integritas ini sangatlah penting artinya bagi kita, untuk menambah pengetahuan dan kepatuhan kita terhadap aturan yang akan membawa satuan kita pada kemajuan, wilayah bebas dari korupsi dan wilayah birokrasi bersih dan melayani,” ungkap Danlanud.

BACA JUGA  Batam Akan Dijadikan Spot Wisata Dirgantara Paralayang

Dikesempatan yang sama, Letkol Sus Benidektus, dalam sambutannya menyampaikan, bahwa reformasi birokrasi merupakan salah satu langkah awal untuk melakukan penataan terhadap system penyelenggaraan pemerintahan yang baik, efektif dan efisian, sehingga dalam melaksanakan tugas dapat secara cepat, tepat dan profesional.

“Namun dalam pelaksanaannya, masih banyak kendala yang dihadapi, diantaranya penyalahgunaan wewenang, praktek KKN dan lemahnya pengawasan,” kata Letkol Sus Benidektus.

Sejalan dengan hal tersebut, pemerintah telah mengeluarkan Peraturan Presiden Nomor 81 Tahun 2010 tentang Grand Design Reformasi Birokrasi yang mengatur tentang Pelaksanaan Program Reformasi Birokrasi.

Peraturan tersebut menargetkan tercapainya tiga sasaran utama, yaitu, peningkatan kapasitas dan akuntabilitas organisasi, Pemerintah yang bersih dan bebas KKN, serta Peningkatan Pelayanan Publik.

Dalam rangka mengakselerasi pencapaian sasaran hasil tersebut, maka TNI AU perlu untuk membangun pilot project pelaksanaan reformasi birokrasi yang menjadi percontohan penerapan pada satuan kerja atau unit kerja lainnya.

“Untuk itu perlu secara konkret dilaksanakan program Reformasi Birokrasi pada unit kerja, melalui upaya pembangunan Zona Integritas (ZI) di lingkungan TNI AU,” terang Letkol Sus Benidektus.

BACA JUGA  3 Prajurit Lanud Hang Nadim Batam Naik Pangkat

Acara dilanjutkan dengan penyampaian materi sosialisasi Pembangunan Zona Integritas oleh Tim dari Mabes TNI AU, yang turut dihadiri Danlanud Hang Nadim Batam, Para Kepala Dinas Lanud Hang Nadim, dan perwira Lanud Hang Nadim Batam. (Wak Dar)

No More Posts Available.

No more pages to load.