DKP Himbau Nelayan Bentuk Kelompok

oleh

LINGGA (SK) — Abang Muzni, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Lingga, menghimbau kepada Nelayan untuk membentuk kelompok atau komunitas nelayan, hal ini, agar Pemerintah Kabupaten Lingga, lebih mudah membina dan membantu para nelayan guna meningkatkan kesejahteraan keluarganya.

“Kita mengimbau agar para nelayan bekerja kelompok atau bentuklah komunitas nelayan, dengan begitu akan memudahkan nelayan itu sendiri untuk ke depannya nanti,” ujarnya kepada wartawan, Kemarin.

Para nelayan, tutur Abang, akan lebih mudah terakomodir kebutuhannya dengan membentuk berkelompok atau komunitas, dan Pemerintah dalam memberikan bantuan untuk kebutuhan nelayan, akan tepat sasaran.

“Karena untuk membinan nelayan yang tidak memiliki kelompok cukup sulit, dalam aturan, untuk menyalurkan bantuan dan melakukan pembinaan, dilakukan terhadap nelayan yang memiliki kelompok,” terangnya.

Abang Muzni, menilai, para nelayan kususnya di Kabupaten Lingga, lebih memilih bekerja sendiri-sendiri dari pada bekerja secara kelompok, hal ini dikarenakan para nelayan kita masih belum terbiasa bekerja secara berkelompok.

“Belum diketahui secara pasti, kenapa nelayan daerah ini enggan untuk membentuk kelompok, padahal dengan adanya kelompok akan memudahkan mereka dalam meningkatkan usaha tangkap ikannya, sementara Pemerintah dalam memberikan bantuan lebih kepada nelayan yang memiliki kelompok,” paparnya.

BACA JUGA  Penipuan Berkedok Bantuan Alat Tangkap Ikan

Alasan pemerintah mengarahkan bantuan kepada kelompok, tambah Abang, karena kelompok lebih mampu memilah mana anggota yang membutuhkan bantuan, Selain itu, banyak keuntungan yang didapat nelayan dengan berkelompok, contohnya, saat nelayan mengalami masalah, kelompok dapat membantu untuk memecahkan masalah tersebut.

“Semakin banyak kelompok nelayan aktif, maka kita juga akan lebih mampu menyerap bantuan dari pusat,” tambahnya lagi. (SK-Pus)

LIPUTAN LINGGA : PUSPANDITO
EDITOR : DEDI YANTO

Nelayan pulang melaut (Foto : Puspandito)
Nelayan pulang melaut (Foto : Puspandito)

 

No More Posts Available.

No more pages to load.