Kantor Perpustakaan Bintan Sediakan 31 Ribu Buku Bacaan

oleh
– Kembangkan Minat Baca Warga

BINTAN (SK) — Kantor Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Bintan terus melakukan pembenahan dalam meningkatkan minat baca masyarakat di Bintan. Salah satunya adalah dengan menambah koleksi buku yang ada di kantor dan perpustakaan daerah.

Untuk meningkatkan hal tersebut, Kantor Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Bintan telah menyiapkan sebanyak 31 ribu buku bacaan, yang diperuntukkan mulai dari pelajar sampai kalangan umum.

“Ada sekitar 31 ribu buku yang kita sediakan, diantaranya buku untuk pelajar, umum dan juga buku agama. Semuanya kita sediakan di perpustakaan dan kantor untuk menarik minat baca bagi masyarakat,” kata Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Bintan Dhalia Zulfa M.Si ditemui di perpustakaan daerah Kijang, dekat monumen Relief Antam Kijang, Kecamatan Bintan Timur, kemarin.

Dahlia mengatakan, buku tersebut bisa dimanfaatkan oleh pelajar dan kalangan umum dibuka mulai pukul 08.00 WIB sampai pukul 16.00 WIB. Siswa sekolah bisa memanfaatkan buku tersebut ketika pulang sekolah untuk menambah atau sebagai referensi pelajaran di sekolah.

Disamping itu lanjut mantan Kabag Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat Pemkab Bintan ini, dari buku yang disediakan, kantor Perpustakaan dan Arsip Bintan juga menyediakan mobil pustaka keliling yang bergerak setiap harinya keliling Kabupaten Bintan.

“Kita juga memiliki kapal pustaka keliling pulau yang bernama KM Pustaka 3 Bintan berasal dari bantuan APBN pusat digunakan untuk menjangkau ke pulau-pulau yang ada sekolah. Dengan kapal pustaka ini, kita telah mengagendakan untuk turun ke pulau seperti ke pulau Mantang pada hari Sabtu lalu.

Pulau Mantang ini terdapat sekolah satu atap bernama SMPN 23, saat mengunjungi pulau tersebut kemarin sekitar 3 jam, guru dan murid sekolah sangat antusias membaca buku yang kami sediakan,” terang Dahlia.

Program tersebut kata Dahlia telah dipersiapkan paling tidak sebulan dua kali pada hari Sabtu dengan menggunakan kapal pustaka tersebut. Di pulau yang ada sekolahnya, kapal tersebut dimanfaatkan sebagai pustaka apung.

“Bulan berikutnya, kita akan mengunjungi pulau Numbing dengan menggunakan kapal pustaka keliling,” ujarnya.

Dia juga berharap dengan adanya program tersebut, tentunya minat baca pelajar dan masyarakat di Bintan akan tumbuh dan berkembang.

“Kita berharap di tempat ibadah, terutama masjid besar di setiap kecamatan juga ada disediakan pustaka kecil yang didalamnya ada buku agama dan umum untuk menambah pengetahuan dan minat baca,” imbuhnya. (hk/eza)

 

No More Posts Available.

No more pages to load.