, ,

Lingga Optimis “TARGET 1 TRILIUN APBD 2017” Dapat Tercapai

oleh
Lingga Optimis "TARGET 1 TRILIUN APBD 2017" Dapat Tercapai 1
Bupati Lingga, H. Alias Wello. (Foto : Puspandito)
Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

LINGGA (SK) — Pemerintah Kabupaten Lingga, optimis akan mampu meningkatkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Lingga mencapai angka Rp 1 Triliun pada tahun 2017 mendatang. Peluang peningkatan PAD tersebut, dari tiga sektor unggulan daerah, yakni sektor Pertanian, Perikanan dan Peternakan. Karena, dari tiga sektor tersebut, kita berharap dapat terealisasi secara cepat dan sudah bisa dinikmati di tahun mendatang.

“Kami optimis, APBD tahun mendatang akan lebih baik dari tahun ini. Target kami bisa mencapai Rp 1 Triliun, atau paling tidak dibawah itu sedikitlah,” ungkap Bupati Lingga, H. Alias Wello, di Daik, Lingga, Senin, (03/10/2016).

Sektor pendapatan yang akan dioptimalkan, kata AWe, sapaan akrab Bupati Lingga, Pemerintah Daerah di tahun 2017 salah satunya dari kucuran alokasi khusus Pemerintah Pusat. Kita melihat dari Dana Alokasi Khusus (DAK), akan kami genjot. Hal ini karena, anggaran pembangunan daerah untuk saat ini lebih besar disitu.

“Kita akan genjot dari DAK. Anggaran pembangunan daerah disitu besar,” terangnya.

Jika mengharapkan pendapatan Daerah dari sektor pajak dan retribusi, tentunya masih jauh dari harapan, lanjut AWe, untuk itu sangat diperlukan pembenahan diberbagai sisi, agar kedepannya target yang diinginkan mampu dicapai. Dan, Pemerintah Daerah juga akan merubah persyaratan lelang proyek pembangunan, yang sumber dananya dari APBD.

“Syarat lelang proyek APBD kita kedepan, akan mewajibkan perusahaan peserta lelang melampirkan NPWP Lingga. Sehingga, nantinya ada kontribusi terhadap PAD,” paparnya.

Daerah sejauh ini, katanya AWe lagi, telah menyiapkan bebagai rancangan pembangunan infrastruktur fisik, dalam bentuk penyusunan Detail Engenering Design (DED), yang selanjutnya akan diusulkan ke pusat. Kalau berkaca pada pengalaman tahun 2016, kita yakin anggaran pembangunan Kabupaten Lingga tahun depan, dan akan dapat didukung lebih besar dari sektor Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Tahun depan nanti, dimana Dinas Pendapatan akan berdiri sendiri. Hal itu juga jadi harapan kami, untuk meningkatkan target PAD Lingga dari sektor pajak,” unggahnya. (SK-Pus)

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

height="100%"

loading...
banner 740x400

banner

banner