Peserta Sail Bintan Mulai Berdatangan

oleh
– Lego Jangkar Ditengah Laut Sei Enam

BINTAN (SK) — Beberapa yacht atau lebih dikenal perahu dengan layar yang menjulang tinggi keatas dari negara luar itu, sudah mulai berdatangan diperairan laut dangkal Sei Enam Kijang Kecamatan Bintan Timur, Bintan.

Perahu-perahu layar dari negara seperti Australia, New Zerland dan Jepang itu sengaja melegokan jangkarnya ditengah laut yang berjarak sekitar seratus meter dari bibir pantai Sei Enam. Kedatangan perahu-perahu layar tersebut memang merupakan pemandangan baru diperairan Sei Enam.

Sei Enam Kecamatan Bintan Timur itu, merupakan tempat perlabuhan perahu-perahu layar yang akan mengikuti iven Sail Bintan 2014 yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bintan melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Bintan pada 25 hingga 28 OKtober mendatang.

BACA JUGA  Bintan Siap Gelar Sail

Menurut Kepala Disparbud Bintan, Luki Z Prawira, beberapa peserta Sail Bintan 2014 yang diselenggarakan di wilayah Bintan Timur memang sudah mulai berdatangan dari beberapa hari terakhir ini.

Kedatangan perahu layar yang merupakan peserta Sail Bintan 2014 ke wilayah perairan Sei Enam, Luki menuturkan, Sei Enam dipilih sebagai tempat perlabuhan perahu peserta Sail Bintan tahun ini.

“Ada sekitar tujuh yacht dari mancanegara yang telah berdatangan dan berlabuh di perairan daerah Sei Nam Kijang. Mungkin Besok (Hari ini-red) seluruh perahu yang ikut serta dalam iven bergengsi ini akan berlabuh di Sei Nam,” ujar Luki, Rabu (22/10).

Selain itu lanjut Luki, pihaknya sudah menyusun senarai acara yang akan disuguhkan selama penyelenggaran Sail Indonesia di Bintan tahun ini. Kegiatan yang dipusatkan di kawasan Sei Enam itu kata Luki, berbagai suguhan parade seni budaya nusantara akan menyemarakkan kegiatan iven tersebut.

Selain itu juga Luki menuturkan, pada malam harinya nanti akan ada malam budaya seperti atraksi seni berbasis kebudayaan khas Bintan, pementasan makyong, joget dangkung, dan tari daerah khas Melayu yang akan disuguhkan kepada para peserta Sail Bintan 2014 kali ini.

BACA JUGA  Bintan Siap Gelar Sail

“Di antaranya, akan ada malam budaya untuk menghibur para peserta Sail Indonesia nantinya,” ujar mantan Kasatpol PP Bintan itu.

Pagelaran Sail Indonesia di Bintan tahun ini memang dikonsep sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya, dimana kata Luki, masyarakat akan dilibatkan secara langsung dalam berpartisipasi untuk menyelenggarakan dan mensukseskan Sail Indonesia yang berpusat di kawasan Sei Enam Kijang, Bintan itu.

“Nanti juga akan ada ramah-tamah peserta dengan warga. Jadi dengan begitu bisa berbaur dan saling berbagi,” ungkap Luki menambahkan.

Informasi terkahir yang dihimpun Haluan Kepri dilapangan, sekitar 50 yacht peserta Sail Bintan 2014 tahun ini akan meramaikan iven nasional yang berbasis internasional tersebut.(hk)

No More Posts Available.

No more pages to load.