Riono Buka Rakor Pembangunan Koperasi Tahun 2015

oleh

TANJUNGPINANG (SK) -– Dinas Pasar Koperasi dan UMKM Kota Tanjungpinang menyelenggarakan kegiatan Rapat Kordinasi Pembangunan Koperasi Tahun 2015. Kegiata tersebut diselenggarakan selama dua hari mulai tanggal 3 hingga 4 Juni 2015, dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang Drs Riono M.Si, bertempat di Aula Bulang Linggi Badan Perpustakaan Arsip Daerah Dan Museum Kota Tanjungpinang, Rabu (3/6/2015).

Dalam sambutannya, Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang, Drs Riono M.Si, mengatakan salah satunya bidang kesejahteraan masyarakat adalah melalui pemberdayaan, pengembangan koperasi dan UMKM yang mandiri, serta berdaya saing.

“Dengan ini, diharapkan keberadaan koperasi dan UMKM di Tanjungpinang perlu diperdayakan dan ditingkatkan, agar kedepannya benar-benar memiliki daya saing guna menghadap MEA,” ujar Riono.

Menurut dia, melalui Rapat Koordinasi Koperasi ini, koperasi dan UMKM di Tanjungpinang perlu dilakukan pembinaan, hal ini untuk menguatkan kepengurusan koperasi dan peningkatan SDM, sehingga hasil dari rapat tersebut dapat menghasilkan perumusan kebijakan-kebijakan.

“Bagaimana mengembangkan koperasi, apa yang harus dilakukan pemerintah dan pihak koperasi,” katanya.

Koperasi dan UMKM, kata Riono, tidak saja hanya koperasi yang kecil, namun dapat menciptakan produk-produk yang unggul, agar menjadi daya saing, sehingga mempunyai daya saing terhadap produk-produk yang akan masuk ke daerah kita.

Sementara itu Kepala Dinas Pasar, Koperasi dan UMKM Kota Tanjungpinang, Dr H Syafrial Evi S.Sos.,MM mengatakan, hampir 300 lebih koperasi yang ada di Kota Tanjungpinang, dari jumlah tersebut ada sekitar seratus lebih koperasi yang tidak aktif lagi.

“Pertemuan ini dilakukan untuk mengevaluasi kembali, persoalan-persoalan apa yang terjadi, faktor apa saja yang menghambat jalannya koperasi, dan nantinya akan dapat membahas perencanaan kerja dan pengembangan koperasi,” kata Syafrial Evi.

Ditambahkannya lagi, selama ini permasalahannya adalah koperasi itu tidak jalan, dan terkadang tidak ada kepengurusannya, dan tidak pernah mengadakan rapat koordinasi secara rutin.

“Oleh sebab itu, rapat ini sangat penting untuk dilaksanakan supaya koperasi yang ada, dapat berkembang dan berjalan secara aktif,” ucapnya.

Sebelumnya, Ketua Pelaksana kegiatan Amna menjelaskan, kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memonitoring dan mengevaluasi perkembangan koperasi.

“Disamping itu juga, untuk mendorong target koperasi yang kuat dengan penyatuan visi dan misi perkoperasian,” ujar Amna.

“Kegiatan ini menghadirkan Nara sumber berasal dari Deputi Kementrian Koperasi dan UMKM RI Retno Endang, dan beberapa nara sumber dari dalam daerah,”ujarnya lagi.

Kegiatan pembukaan Rapat Kordinasi turut dihadiri, Kepala Dinas Disperindag, Ekraf dan PMD Kota Tanjungpinang Suyatno AMP, Kepala Dinas KP2KE Kota Tanjungpinang H. Adnan S.Sos, serta beberapa pejabat dilingkungan Pemerintah Kota Tanjungpinang. (SK-RM)

LIPUTAN TANJUNGPINANG : RUSMADI

Riono Buka Rakor Pembangunan Koperasi Tahun 2015<br/> (Photo : Istimewa)
Riono Buka Rakor Pembangunan Koperasi Tahun 2015
(Photo : Istimewa)

 

No More Posts Available.

No more pages to load.