Sani Beri Bantuan Pertanian

oleh

BINTAN (SK) — Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Muhammad Sani, memberikan bantuan alat-alat produksi pertanian kepada kelompok tani dan Kelompok Wanita Tani (KWT) diseluruh Kecamatan yang ada di kabupaten Bintan. Dalam kegiatan temu tani di Cikolek, Kecamatan Toapaya, Selasa (9/12).

Empat kelompok tani seperti kelompok tani Tunas Karya Kecamatan Toapaya, kelompok tani Tunas Harapan Kecamatan Sri Kuala Lobam, kelompok tani Ngudi Luhur Kecamatan Teluk Bintan serta kelompok tani Sumber Makmur Kecamatan Bintan Timur. Mendapat bantuan alat traktor dari Pemerintah Provinsi Kepri.

Menurut Sani, hal ini merupakan program yang baru saat ini terealisasi. Berkat kesabaran para kelompok tani dan KWT di Bintan, sehingga bantuan alat pertanian ini baru bisa diberikan. Kedepannya, beberapa keluhan yang selama ini selalu menjadi kendala dalam pengembangan para petani dalam meningkatkan taraf perekonomiannya. Sani mengatakan, hal ini menjadi masukan yang akan menjadi prioritas pada masa yang akan datang.

Seperti permasalahan lahan di Bintan yang sebagian besarnya masuk dalam kawasan hutan lindung, sehingga para kelompok tani yang ingin membuat sertifikat surat tanah menjadi terkendala. Karena menurut sebagian para petani yang hadir dalam acara itu, sertifikat tanah bisa menjadi modal utama dalam mencari bantuan modal kepada pihak perbankan.

BACA JUGA  Upacara Perayaan HUT Kepri Ke-12

Menanggapi hal tersebut, Sani mengatakan, hal itu terus diperjuangkan oleh pihaknya bersama Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Bintan kepada Menteri Kehutanan pusat. Sehingga beberapa wilayah di Bintan, bisa bebas dari Surat Keputusan Menteri Kehutanan (SK Menhut) dan masyarakat maupun kelompok tani yang ingin mengurus sertifikat surat tanah bisa tidak terkendala lagi.

“Kita terus perjuangkan itu dengan pusat, dalam waktu dekat ini Bupati Bintan Ansar Ahmad juga akan menemui Menhut terkait permalahan lahan di Bintan,” ungkap Sani.

Selain memberikan bantuan berupa alat traktor, Pemerintah Provinsi Kepri juga memberikan bantuan lainnya seperti, benih tanaman, mesin penepung, lumbung pangan masyarakat, serta hewan sapi sebanyak 10 ekor kepada kelompok tani dan KWT diseluruh wilayah Bintan. Beberapa penghargaan kepada petani teladan, penyuluh PNS teladan dan penyuluh swadaya teladan juga turut diberikan Gubernur Kepri. (HK)

 

No More Posts Available.

No more pages to load.