,

Senator Ria : Mubaligh Berperan Penting Jaga Persatuan Bangsa

oleh
Senator asal Provinsi Kepulauan Riau (Senator Kepri), Ria Saptarika, menyampaikan Sosialisasi MPR RI, Empat Konsensus Dasar Bernegara, yaitu Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI kepada para Mubaligh yang tergabung di dalam Persatuan Mubaligh Batam (PMB) Kecamatan Sekupang. (Foto : Ist)
Senator asal Provinsi Kepulauan Riau (Senator Kepri), Ria Saptarika, mengharapkan agar para Muballigh dapat berperan aktif dalam menjaga dan memelihara persatuan kehidupan beragama, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. (Foto : Ist)

Sijori Kepri, Batam — Senator asal Provinsi Kepulauan Riau (Senator Kepri), Ria Saptarika, mengharapkan agar para Muballigh dapat berperan aktif dalam menjaga dan memelihara persatuan kehidupan beragama, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Hal ini disampaikan dihadapan para Mubaligh yang tergabung di dalam Persatuan Mubaligh Batam (PMB) Kecamatan Sekupang, pada kegiatan Sosialisasi MPR RI, Empat Konsensus Dasar Bernegara, yaitu Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI, Minggu, (11/04/2021).

“Peran para Ulama dan khususnya para Muballigh haruslah dapat berbuat yang sangat bermanfaat bagi kemaslahatan umat, agar umat Islam mampu menjadi penggerak, pendorong dan pengendali moral dan nurani bangsa terutama dalam menghadapi perkembangan global di masa datang,” kata Ria Saptarika.

Dan tentunya, lanjut Ria Saptarika, bertepatan pula dengan Ibadah Puasa di Bulan Suci Ramadhan 1442H, dimana selama satu bulan penuh para Mubaligh akan turun langsung ke masjid dan Mushalla, menyapa umat, menyampaikan Ilmu agama, melakukan pembinaan umat.

BACA JUGA  HARDI S HOOD : Jangan Sampai Komunis Hadir Lagi “DI BUMI INDONESIA”

“Diharapkan dalam setiap dakwah yang disampaikan tersisip ajakan, agar umat Islam senantiasa mencintai Negara Kesatuan Republik Indonesia, dengan cara senantiasa menjaga kerukukan,menghormati perbedaan, saling hormat menghormati di antara pemeluk agama lainnya, sehingga terciptanya baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur, yaitu negara yang baik dan diampuni oleh Allah SWT, serta semoga segera terbebas dari Pandemi Covid-19,” harap Ria Saptarika.

“Mengapa kita perlu mencintai tanah air Indonesia tercinta ini,” tanya Ria. Karena, menurutnya hanya dengan kondisi bangsa dan negara yang aman dan stabil, umat Islam bisa beribadah dengan nyaman, beramal dengan baik dan dapat beristirahat dengan nyenyak.

“Coba bayangkan saudara-saudara kita yang selalu dilanda pertikaian dan peperangan antar kubu yang tidak cinta kepada tanah airnya, seperti di Suriah, Afghanistan, Irak dan Libya. Mereka tidak pernah nyaman dan enak seperti kita,” pungkasnya.

Hal senada juga disampaikan Ketua Umum PMB Kota Batam, Ustadz Suyono, dalam sambutannya menyampaikan, bahwa menjaga akidah umat sekarang ini sangatlah penting. Peran muballigh tidak hanya memperbaiki akidah umat, namun juga berperan dalam mengawal kehidupan berbangsa.

BACA JUGA  Gubernur Kepri Terima Perangko Edisi Khusus dari PT Pos

“Sebab apa ?. Para Muballigh juga memiliki kewajiban dalam bela negara dan mengawal empat Konsensus Berbangsa dan bernegara sebagaimana yang diuraikan oleh Bapak Ria Saptarika selaku Anggota DPD RI, dimana peran Muballigh tidak hanya menyebar Kalimatullah, namun juga mengaktualisasikan nilai-nilai Al Quran dan Sunnah, serta konstitusi dalam bingkai NKRI,” katanya. (Leman)