Soerya Buka Kampung Pendidikan

oleh

– Peringatan Hardiknas Kota Tanjungpinang Tahun 2015

TANJUNGPINANG (SK) —  Dalam rangka memeriahkan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2015, Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang, menyelenggarakan kegiatan Apresiasi Prestasi Promosi Pendidikan yang diberi nama “Kampung Pendidikan”. Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Wakil Gubernur Kepri Dr HM Soerya Respationo SH MH, di Lapangan Pamedan Ahmad Yani, Tanjungpinang, Sabtu (9/5/2015) malam.

Dalam sambutannya Soerya Respationo mengatakan, pendidikan sangat penting bagi Indonesia. Khususnya untuk masyarakat yang ada di Kepulauan Riau dan khususnya yang ada di Kota Tanjungpinang. Karena generasi kita adalah generasi-genarasi penerus bagi generasi sebelumnya.

“Kalau kita selama ini hanya mengenyam pendidikan formal, sekarang banyak bidang yang lainnya, seperti pendidikan non formal, pendidikan keterampilan, pendidikan iman dan taqwa, pendidikan karakter, pendidikan ilmu pengetahuan dan teknologi, dan masih banyak lagi pendidikan-pendidikan lainnya,” kata Soerya.

Proklamator kita Bung Karno, tambah Soerya, telah mengatakan bahwa negara yang besar, negara yang hebat, negara yang menuju kesejahteraan adalah negara yang menganut “Trias Politika”.

“Trias Politika terdiri dari tiga, yaitu berdaulat dalam bidang politik, berdikari dalam bidang ekonomi, dan berkepribadian dalam bidang kebudayaan. Tentu pendidikan kita haruslah mengarah kearah tiga hal tadi, karena kalau tidak negara-negara didunia telah dengan amat sangat memajukan dunia pendidikan dinegaranya masing-masing,” jelas Soerya.

BACA JUGA :  Seharusnya, Kadis Pendidikan Kepri Diberi Sanksi

Pada kesempatan itu, Soerya juga menghimbau, khususnya para eksekutif maupun para legeslatif untuk selalu betul-betul menekankan, bahwa pendidikan anggarannya adalah 20 persen dari APBD.

“Jangan sekali-kali dikutak-katik dan direndah-rendahkan,” tegas Soerya.

Dikatakan Soerya, dengan diberlakukan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) pada bulan Desember mendatang, akan membawa dua dampak yang sangat dahsyat untuk kita semua. Ini bisa menjadi ancaman dan bisa menjadi peluang. Untuk menghadapinya kita harus terus menerus meningkatkan kualitas sumber daya kita, diantaranya adalah dengan pendidikan.

“Kalau kita lemah dan lengah dengan pendidikan, maka MEA yang akan diberlakukan pada akhir tahun ini merupakan ancaman bagi kita semua,” jelas Soerya.

Sementara itu, Walikota Tanjungpinang H Lis Darmansyah dalam sambutannya mengajak masyarakat yang ada di Kota Tanjungpinang untuk dapat menyukseskan dan memeriahkan kegiatan yang  diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang ini.

“Marilah kita sama-sama menjaga keamanan keterbitan, sehingga acara yang menunjang pendidikan ini tentunya dapat terlaksana dengan baik, tanpa ada kendala apapun dan tanpa dinodai oleh hal-hal yang berakibat dari inisiatif yang buruk bagi kota Tanjungpinang, khususnya bagi dunia pendidikan,” ajak Lis.

Selain itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang Drs HZ Dadang AG dalam laporannya menyampaikan, apresiasi dan promosi pendidikan Kota Tanjungpinang adalah suatu kegiatan pendidikan dalam rangka mengakomodir prestasi pedidikan yang telah dicapai oleh lembaga pendidikan formal, lembaga pendidikan in formal dan non formal.

BACA JUGA :  Ini Video Tutorial Pendaftaran PPDB Kepri

“Langkah strategis untuk mempromosikan prestasi yang telah dicapai oleh lembaga pendidikan tersebut adalah melalui kegiatan yang dikemas melalui Kampung Pendidikan,” ujar Dadang.

Kegiatan Kampung Pendidikan Kota Tanjungpinang ini, kata Dadang, dirangkaikan dengan beberapa kegiatan antara lain pameran pedidikan, Lomba pengawas sekola, Lomba kepala sekolah dan lomba guru berprestasi mulai dari tingkat TK, SD, SMP, SMA dan SMK Se-Kota Tanungpinang, Lomba FLS2N, Lomba OSN, Lomba Kompetensi Siswa Tingkat SMK Kota Tanjungpinang, Lomba Sekolah Berprestasi, Game Zone Edukasi dan Kantin Edukasi.

“Kegiatan ini diselenggarakan dengan tujuan untuk memberikan wadah bagi lembaga pendidikan formal, in formal dan non formal untuk berkreasi dengan menampilkan karya kreatif dan inovatif yang dikemas dalam bentuk stand pameran untuk dipromosikan,” ujarnya lagi.

Selain itu, tambah Dadang, bertujuan memberikan ruang bagi siswa untuk mengembangkan ekspresi seni untuk meningkatkan prestasi, memberikan ruang bagi siswa untuk mengembangkan kemampuan dalam bidang sains, meningkatkan kemampuan pendidik dan tenaga kependidikan untuk lebih berprestasi, mewujudkan sekolah berprestasi, memotivasi siswa dalam permainan yang mengandung unsur pendidikan, membiasakan siswa melaksanakan Pola Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS-red) dengan wadah kantin sehat dari siswa untuk siswa.

“Adapun peserta yang mengikuti kegiatan Kampung Pendidikan Tahun 2015, adalah dari SD/MI Negeri dan Swasta diikuti sebanyak 75 Sekolah yang terkabung dalam empat kecamatan, SMP Negeri dan Swasta 27 Sekolah, SMA Negeri dan Madrasyah Aliyah 12 Sekolah, SMK Negeri dan Swasta 12 Sekolah, serta Lembaga umum diikuti 27 peserta,” pungkasnya.

BACA JUGA :  Hasil Pemenang OSN SMP Tanjungpinang

Kegiatan Kampung Pendidikan Tahun 2015 dimulai malam ini 9 Mei hingga 12 Mei 2015. Pameran dimulai besok sampai selesai dan dihibur dengan Grup Band Wali dari Jakarta.

Turut hadir pada acara pembukaan antara lain oleh Bupati Bintan Ansar Ahmad, Wakil Walikota Tanjungpinang Syahrul, Sekdako Tanjungpinang Riono, beberapa instansi terkait dijajaran Pemprov Kepri, Kadisdik Kepri Drs H Yatim Mustafa, para asisten, SKPD, Camat dan Lurah se-Kota Tanjungpinang. (SK-Yul)

Editor : Rusmadi

Pemko Tanjungpinang Hadirkan Kampung Pendidikan  (Photo : Dedi Yanto)
Wakil Gubernur Kepri Dr HM Soerya Respationo SH MH menerima sekapur sirih dari penari persembahan.
(Photo : Dedi Yanto)
Pemko Tanjungpinang Hadirkan Kampung Pendidikan  (Photo : Dedi Yanto)
Panitia Kampung Pendidikan dari Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang.
(Photo : Dedi Yanto)
Shares

No More Posts Available.

No more pages to load.