Warga Dusun 1 Bansal Minta MDST Segera

oleh

– Terkait Program Air Bersih PNPM Mandiri

LINGGA (SK) — Permasalahan air bersih dari Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat, Mandiri Pedesaan (PNPM-MPd) yang berada di Dusun 1 Bangsal, Desa Posek, Kecamatan Singkep Barat, bagi warga daerah tersebut belum terselesaikan, karena hingga hari ini pengerjaan yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Kegiatan (UPK) setempat pada tahun 2014 lalu, belum dilakukannya Musyawarah Desa Serah Terima (MDST) setelah proyek pengerjaannya selesai dikerjakan.

Seperti yang tertuang dalam aturan acuan PNPM Mandiri adalah program nasional dalam wujud kerangka kebijakan sebagai dasar dan acuan pelaksanaan program-program penanggulangan kemiskinan berbasis pemberdayaan masyarakat, PNPM Mandiri dilaksanakan melalui harmonisasi dan pengembangan sistem serta mekanisme dan prosedur program, penyediaan pendampingan dan pendanaan stimulan untuk mendorong prakarsa dan inovasi masyarakat dalam upaya penanggulangan kemiskinan yang berkelanjutan.

Pemberdayaan masyarakat adalah upaya untuk menciptakan/meningkatkan kapasitas masyarakat, baik secara individu maupun berkelompok, dalam memecahkan berbagai persoalan terkait upaya peningkatan kualitas hidup, kemandirian dan kesejahteraannya. Pemberdayaan masyarakat memerlukan keterlibatan yang besar dari perangkat pemerintah daerah serta berbagai pihak untuk memberikan kesempatan dan menjamin keberlanjutan berbagai hasil yang dicapai.

Berita Viral :
BACA JUGA :  Lembaga Kemanusiaan Syam Dakwah di Masjid As Sakinah

Pengerjaan proyek air bersih tersebut telah lama selesai, namun hingga hari ini belum ada MDST nya, walau air yang mengalir tidak maksimal kita mau dilakukan MDST agar semuanya bisa jelas, walau kita tau penggunaan tangki dan pipanisasinya tidak standar karena tidak sesuai bestek, tapi kita harus mengetahui secara jelas tentang proyek tersebut.

“Masak udah lewat 6 bulan selesai dikerjakan, namun belum juga dilakukan MDST, memangnya ada apa ini,” ujar salah seorang warga yang enggan menyebutkan namanya, saat menjumpai Sijori Kepri, Jum’at (3/7/2015).

Karena air yang mengalir ke rumah-rumah warga tidak maksimal, katanya lagi, kami warga Bansal mengambil kebijakan mengumpulkan tanda tangan warga guna penyelesaian masalah air ini, kami berencana berkas tanda tangan dari warga tersebut akan kami serahkan ke Camat dan Polsek, Singkep Barat.

BACA JUGA :  Kapolresta Barelang Dampingi Kapolda Kepri Pantau Operasi Ketupat Seligi 2021

“Namun setelah dilakukan pengumpulan tanda tangan ini baru nampak pihak UPK tergesa-gesa melakukan pembenahan terhadap proyek air bersih tersebut, baru dalam dua hari ini terlihat air mengalir ke rumah warga walau pun baru sebagian warga yang dapat menikmatinya.

“Kenapa tidak dari dulu dikerjakan pembenahannya sehingga masyarakat dapat menikmati air bersih tersebut,” lanjutnya.

Saat di konfirmasi masalah ini, ke Camat Singkep Barat, Siswadi, mengaku, memang belum menerima masalah MDST terkait air bersih di Dusun 1 Bangsal, Desa Posek.

“Bila laporan dari warga tersebut telah masuk, akan saya tindak lanjuti masalah ini guna penyelesaiannya,” ucap Siswadi, singkat kepada Sijori Kepri, melalui telepon selularnya, Jum’at (3/7/2015).

Sementara itu, Faisal, Fasilitator Tehnik (FT) Kecamatan Singkep Barat, menuturkan, memang ada kerterlambatan MDST setelah pengerjaan air bersih tersebut selesai, pada pengerjaan air bersih tersebut mengalami kelebihan pipanisasi, kelebihan ini terjadi awal rencananya pemasangan pipanisasi tersebut melingkari daerah tersebut, namun setelah dilaksanakan pengerjaannya pipanisasinya dipasang memotong dearah tersebut, itulah makanya terjadi kelebihan pipanisasi.

BACA JUGA :  Agung Mulyana Buka Internasional Dragon Boat Race 2015

“Kita berencana pipa yang kelebihan ini akan kita lelang kembali,” paparnya. (SK-Pus)

LIPUTAN LINGGA : PUSPADINTO
EDITOR : DEDI YANTO

Warga Dusun 1 Bansal Minta MDST Segera (Photo : Puspadinto)
Warga Dusun 1 Bansal Minta MDST Segera
(Photo : Puspadinto)
Warga Dusun 1 Bansal Minta MDST Segera (Photo : Puspadinto)
Warga Dusun 1 Bansal Minta MDST Segera
(Photo : Puspadinto)
Warga Dusun 1 Bansal Minta MDST Segera (Photo : Puspadinto)
Warga Dusun 1 Bansal Minta MDST Segera
(Photo : Puspadinto)
Shares
Rekomendasi Untuk Anda :

No More Posts Available.

No more pages to load.