Dari Natuna, Pjs Gubernur Kepri Realisasikan Program Penanaman Satu Miliar Pohon Kelapa

oleh
Pjs Gubernur Kepri, Bahtiar Baharuddin, dan Bupati Natuna, Abdul Hamid Rizal, bersama pejabat lainnya, melakukan kegiatan Pencanangan Penanaman 1 miliar pohon Kelapa se-Provinsi Kepri. (Foto : Prokopim Natuna)
Pjs Gubernur Kepri, Bahtiar Baharuddin, menyampaikan kata sambutan. (Foto : Prokopim Natuna)

Sijori Kepri, Natuna — Dari Natuna, Pjs Gubernur Kepulauan Riau (Kepri), Bahtiar Baharuddin, dan Bupati Natuna, Abdul Hamid Rizal, bersama pejabat lainnya, melakukan kegiatan Pencanangan Penanaman 1 miliar pohon Kelapa se-Provinsi Kepri, di Desa Batubi Jaya, Kecamatan Bunguran Batubi, Selasa, (24/11/2020).

Dalam sambutannya, Bahtiar Baharuddin, mengatakan, dalam masa Pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia termasuk Indonesia, beberapa sektor penunjang kehidupan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat, khususnya sektor industri mengalami kendala yang signifikan. Akan tetapi sektor yang tetap bertahan adalah di bidang Pertanian, Perkebunan dan Perikanan, karena kebutuhan pangan manusia harus tetap dipenuhi selama wabah melanda dunia.

“Perkebunan kelapa bukan hal baru bagi masyarakat di Kepulauan Riau, termasuk di Kabupaten Natuna. Karena memang sejak dahulu kelapa merupakan salah satu komiditi yang dapat diandalkan dalam menopang ekonomi masyarakat pesisir,” kata Bahtiar Baharuddin.

BACA JUGA :  Daeng Amhar Resmi Jabat Ketua DPRD Kabupaten Natuna

Pohon kelapa merupakan pohon yang seluruh bagiannya dapat dimanfaatkan, terutama untuk buah dan batangnya. Untuk batangnya yang apabila diolah dengan baik akan menghasilkan furniture yang indah.

Untuk itu, agar dapat mencapai tujuan diatas, diharapkan kepada seluruh Kabupaten/Kota se-Provinsi Kepulauan Riau dapat bersama-sama menggelontorkan anggarannya untuk pembibitan kelapa bagi para petani didaerah masing-masing, agar kedepan hasil kelapa dapat memenuhi kouta produksi. Sehingga nantinya diharapkan dapat menggaet investor yang bergerak dibidang pengolahan kelapa, seperti yang telah ada di Kabupaten Bintan.

“Namun sampai saat ini, buah kelapa yang diolah oleh Perusahaan tersebut masih didatangkan dari Jambi dan Riau,” ujar Bahtiar Baharuddin.

Sebelumnya, Pjs Gubernur Kepri juga telah membagikan 100.000 masker secara simbolis kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna, sebagai upaya untuk memerangi pandemi Covid-19 di Kepri, khususnya di Kabupaten Natuna.

BACA JUGA :  Bahtiar Jabat Pjs Gubernur Kepri

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, beberapa Pimpinan OPD dari Provinsi Kepri, para pimpinan FKPD, OPD terkait, Camat, serta para Kepala Desa, Ketua RW dan RT se-Kecamatan Bunguran Batubi, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, serta tamu undangan lainnya. (Prokopim)

Pjs Gubernur Kepri, Bahtiar Baharuddin, dan Bupati Natuna, Abdul Hamid Rizal, bersama pejabat lainnya, melakukan kegiatan Pencanangan Penanaman 1 miliar pohon Kelapa se-Provinsi Kepri. (Foto : Prokopim Natuna)
Shares

No More Posts Available.

No more pages to load.