banner 740x400

banner 740x400

Fasilitas Pelabuhan Domestik Karimun Kurang Memadai

Fasilitas Pelabuhan Domestik Karimun Kurang Memadai
Kondisi Penumpang Kapal Pelni KM Kelud di Pelabuhan Domistik Kabupaten Karimun. (Foto : Taufik)


Fasilitas Pelabuhan Domestik Karimun Kurang Memadai

Polsek KKP dan KSOP Karimun turut membantu penumpang yang akan berangkat di Pelabuhan Domistik Kabupaten Karimun. Foto : Taufik)

SIJORIKEPRI.COM, KARIMUN — Hingga kini, Kapal Pelni, KM Kelud, aktif menyinggahi Pelabuhan Domestik Karimun. Arus pemberangkatan dan kedatangan pun berjalan lancar. Namun, ada pemandangan kurang mengenakkan terlihat saat kapal berkapasitas 2000 seat dan bobot 14.000 GT ini singgah.

Dimana, fasilitas ruang tunggu Pelabuhan Domestik Karimun, belum memadai. Calon penumpang harus rela berdiri, saat menunggu kedatangan kapal. Parahnya lagi, calon penumpang tidak bisa langsung masuk ke kapal, karena lokasi pelabuhan tidak bisa menampung kapal ini untuk bersandar.

Kapal hanya bisa lego jangkar di tengah laut. Sedangkan, para penumpang yang hendak berangkat melalui pelabuhan domestik Karimun, terpaksa diangkut menggunakan kapal lainnya.

”PT Pelabuhan Indonesia (Persero), seharusnya melihat kondisi memprihatinkan ini. Sebagai perusahaan yang berwewenang menyediakan dan membangun pelabuhan, harus mulai mempersiapkan rencana pembangunan pelabuhan yang layak tempat aktivitas kedatangan dan pemberangkatan kapal,” terang Mami, warga Karimun, Rabu, (11/12/2019).

Selain itu, sambung wanita berhijab ini, instansi terkait di Pemerintah Kabupaten Karimun, seyogyanya gencar memperjuangkan pembangunan pelabuhan domestik Karimun yang memadai.

”Jika Pemerintah daerahnya hanya diam saja, tanpa ada usaha melobi ke pusat, sampai kapan pun tentu tidak akan ada pembangunan pelabuhan yang memadai di Karimun,” katanya.

Terpisah, Kapolsek KKP Polres Karimun, AKP M Komarudin Amd, ikut mendukung agar dilakukan pembangunan pelabuhan domestik memadai, dilengkapi dengan ruang tunggu yang tertata rapi.

Komarudin mengatakan hal ini, saat Kepolisian Sektor Keamanan Kawasan Pelabuhan (Polsek KKP) Polres Karimun melaksanakan pengamanan terhadap kedatangan dan kebarangkatan Kapal KM. Kelud, dengan rute Medan – Karimun dan Karimun – Batam – Jakarta, di Pelabuhan Domestik Karimun, Senin, (9/12/2019), sekira pukul 17.00 WIB.

Untuk meningkatkan sinergi antara Personil Polri dan KSOP Tanjung Balai, katanya harus dilakukan pengamanan terhadap penumpang orang dan barang bawaan.

“Kita melakukan pengamanan terhadap penumpang dan barang bawaan yang datang ke Karimun sebanyak 64 orang dan penumpang yang berangkat dari Karimun sebanyak 297 orang, serta menyarankan bagi penumpang lanjutan sebanyak 1.105 orang untuk menggunakan Life Jacket, yang merupakan standar keselamatan,” kata Perwira ini.

“Kita prihatin dengan kondisi ini, tidak ada tempat duduk dan ruang tunggu yang memadai,” kata AKP M Komarudin Amd.

Pengamanan tersebut turut diikuti anggota Polsek KKP, antara lain AIPDA Firdanto, AIPDA Reza Ilham, AIPDA Mauludin, BRIPKA Rino Candra, BRIGADIR Koco dan BRIGADIR Jonatan, serta 6 (enam) personil dari KSOP Tanjung Balai Karimun. (Wak Fik)

Click to rate this post!

[Total: 4 Average: 4]

Tags: , ,
banner 740x400

banner 740x400

banner

banner

banner

banner

banner 740x400

SIJORIKEPRI.COM - TERVERIFIKASI DEWAN PERS

banner 728x90

 

Subscribe

Ikuti Perkembangan berita terbaru dan terlengkap langsung ke email anda, silahkan berlangganan berita kami.

No Responses

Tinggalkan Balasan