Kabupaten Bintan Termasuk Kabupaten Layak Anak

oleh

BINTAN (SK) — Kementerian Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, akan melaksanakan evaluasi Kabupaten layak anak, di Kabupaten Bintan yang dimulai dari tanggal 7 sampai dengan 9 September 2015.

Rombongan Tim Kegiatan Evaluasi Kabupaten Layak Anak dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, diterima langsung oleh Sekda Kabupaten Bintan, Ir. Lamidi, MM, di ruang Rapat 2, Kantor Bupati Bintan, Senin, (7/9/2015).

Selama berada di Kabupaten Bintan, Tim Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, akan mengidentifikasi Daerah sasaran untuk melihat potensi, peluang dan kendala dalam pengembangan Desa / Kelurahan layak anak. Selain itu juga, akan melaksanakan bimbingan teknis, dengan sistem dialog dan pendampingan.

Dalam pertemuan tersebut, Sekda Bintan, Ir. Lamidi, MM mengatakan, bahwa anak merupakan anugerah yang terbesar yang menjadi perhatian dan idaman bagi kita. Dari sebelum dia lahir sampai  nafas kita berhembus, kita selalu memperhatikan  perkembangan anak. Dan kita juga berharap bagaimana anak-anak kita tumbuh dan berkembang secara baik.

Selain itu juga, Lamidi menambahkan, mari kita perhatikan  kesehatannya, bagaimana anak bisa sehat, bisa cepat berjalan, berdiri dan mengerti apa yang kita harapkan, mengerti  dan memahami yg kita cernakan, harus diperhatikan antara kesehatan dan pendidikan harus sejalan.  Sehingga kedepannya, menjadi anak yang bisa dibanggakan.

Lamidi mengajak kepada kita semua, yang pertama, Mari kita jadikan kabupaten Bintan  yang  nyaman, dan kita  jadikan kota Adipura. Kedua, mari  Kita ciptakan kabupaten Bintan yang sehat, yang bukan saja didukung oleh Pemerintah Daerah, tapi harus didukung oleh masyarakat dan semua elemen. Ketiga, mari kita ciptakan Kabupaten Bintan layak anak, yang selama ini juga, kita sudah pernah 2 kali mendapatkan penghargaan dariPemerintah Pusat. Dan penghargaan itu untuk tetap dipertahankan dan ditingkatkan. Yang keempat, mari kita Memperbanyak sekolah Adi wiyata, sekolah yang nyaman, dan bersih sehingga anak-anak bisa rajin untuk pergi ke sekolah, agar dapat membentuk karakter yang berakhlak mulia.

Selanjutnya, Rini Handayani, SE, MM Asisten Deputi Pengembangan Kota Layak Anak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, menjelaskan bahwa, setiap anak memiliki untuk hidup, tumbuh dan berkembang dalam lingkungan yang dapat menjamin bahwa mereka terlindungi. Anak adalah titipan Tuhan dan buah cinta suami istri, yang membutuhkan cinta, kasih sayang dan perhatian.

Rini juga menambahkan, agar menjadi anak yang berkualitas, maka anak harus dipenuhi hak-haknya dan dilindungi dari diskriminasi, kekerasan, dan eksploitasi. Kabupaten layak anak mempunyai sistem pembangunan yang berbasis hak anak, melalui pengintegrasian komitmen, dan sumber daya Pemerintah, masyarakat, dan dunia usaha yang terencana secara menyeluruh dan berkelanjutan dalam kebijakan, program, dan kegiatan untuk menjamin pemenuhan hak dan perlindungan anak.

Selain itu juga, Penjabat Bupati Bintan, Drs. Doli Boniara, M.Si, dalam rangka mengunjungi salah satu Desa Layak Anak, di Desa Berakit, bersama rombongan tim dari Kementerian Pemberdayaan dan Perlindungan Anak, beliau mengucapkan terima kasih kepada rombongan dari Pemerintah Pusat yang sudah dapat datang ke Kabupaten Bintan.

Doli sangat berharap, perhatian dari Pemerintah Pusat kepada Daerah,  serta perhatian dari ibu-ibu di Desa Berakit.  Anak itu merupakan awal dari mata rantai kehidupan manusia, yang menentukan kelangsungan hidup suatu Bangsa dan Negara, makanya dengan ini Pemerintah Kabupaten Bintan memiliki kepedulian kepada anak-anak.

Doli juga menambahkan, bahwa Pemerintah Kabupaten Bintan, sangat konsen dan perhatian terhadap anak, karena anak adalah generasi penerus Bangsa dan Negara.selain itu juga kita berniat dan berusaha terus akan meningkatkan kesejahteraan anak, sedini mungkin anak dapat tumbuh dan berkembang menjadi manusia yang berbudi luhur, cerdas dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

“Anak harus mendapatkan yang terbaik sejak masa kehamilan sampai memasuki masa dewasa. Saya juga telah memerintahkan Camat dan Lurah / Kepala Desa, untuk selalu menyisir, melihat dan mengetahui bagaimana pendidikan dan kesehatan, serta kesejahteraan masyarakat yang ada disekitar wilayahnya,” imbuh Doli. (SK-DY/R)

Kabupaten Bintan Termasuk Kabupaten Layak Anak (Photo : Humas Bintan)
Kabupaten Bintan Termasuk Kabupaten Layak Anak
(Photo : Humas Bintan)

 

No More Posts Available.

No more pages to load.