ANAMBAS

Ke Tarempa, Gubernur Ansar Ahmad Serahkan Bantuan Kemasyarakatan dan Proyek Infrastruktur Senilai Rp7,45 Miliar

×

Ke Tarempa, Gubernur Ansar Ahmad Serahkan Bantuan Kemasyarakatan dan Proyek Infrastruktur Senilai Rp7,45 Miliar

Sebarkan artikel ini
Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad selfie bersama para pelajar di Kabupaten Kepulauan Anambas. (Foto : Ist)
Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad menyampaikan sambutan saat kunker di Kelurahan Tarempa Kabupaten Kepulauan Anambas. (Foto : Ist)

ANAMBAS — Menutup kunjungan kerjanya di Kabupaten Kepulauan Anambas, Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad, kembali bersilaturahmi dan menyerahkan bantuan beberapa proyek infrastruktur di Kelurahan Tarempa, Kecamatan Siantan, dengan total bantuan senilai Rp7,45 miliar.

Kunjungan Gubernur Ansar Ahmad di Kabupaten Kepulauan Anambas meliputi tiga pulau besar, yaitu Letung, Palmatak, dan Siantan (Tarempa). Di setiap pulau, Gubernur Ansar menyerahkan bantuan dan melakukan peletakan batu pertama (ground breaking) untuk beberapa proyek strategis Pemerintah Provinsi Kepri. Setelah menyelesaikan semua kegiatan di Kepulauan Anambas, Gubernur Ansar beserta rombongan melanjutkan perjalanan ke Natuna menggunakan kapal MV Seven Star.

GESER UNTUK BACA BERITA
GESER UNTUK BACA BERITA

Jenis bantuan yang diberikan di Tarempa meliputi hibah untuk rumah ibadah, insentif bagi guru (MA, PAUD, RA, TK), insentif keagamaan (guru agama non-formal, penyuluh non-PNS, pemuka agama tetap), bantuan pertanian (alat mesin pertanian, benih cabai, benih padi, pupuk, pestisida), bantuan perikanan (BPJS untuk nelayan, pancing ulur, kawat bubu), dan bantuan sembako.

Selain itu, juga diberikan insentif untuk Tim Pendamping Keluarga (TPK), bantuan peralatan olahraga (bola voli, net voli, net takraw, bola takraw, bola kaki), bantuan transportasi laut dan darat untuk siswa SMA, bantuan subsidi SPP, bantuan untuk kepala desa, bantuan untuk LPM, bantuan untuk BPD, bantuan untuk RT/RW, bantuan operasional posyandu, penyerahan sertifikat untuk tanah pesisir, penyerahan sertifikat tanah aset barang milik daerah Kabupaten Anambas, serta peresmian beberapa proyek infrastruktur dengan total bantuan senilai Rp7,45 miliar.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad menyatakan bahwa pada tahun 2024 ini juga akan dibangun pelabuhan Letung dengan anggaran Rp15 miliar, dan proyek tersebut sudah dilelang serta akan dimulai pada Februari 2025.

Selain itu, pemerintah pusat akan membantu anggaran sebesar Rp36 miliar untuk pembangunan pelabuhan Roro di Letung.

Pada Januari 2024, sejumlah proyek strategis di Kecamatan Jemaja, Kabupaten Kepulauan Anambas juga telah diresmikan, termasuk rehabilitasi pelabuhan Kuala Maras dengan dana DAK tahun 2023 sebesar Rp11,2 miliar.

“Semoga semua proyek yang telah dan akan terealisasi, berupa pelabuhan, jalan, dan bangunan, dapat dirawat dan difungsikan sebagaimana mestinya. Ke depan, kita akan terus mendorong agar Anambas semakin mendapatkan porsi pembangunan yang meningkat, sehingga kesejahteraan merata dirasakan oleh semua masyarakat Kepri,” jelas Ansar, pada Senin (6/5/2024) pagi.

Menutup sambutannya, Gubernur Ansar menyampaikan kabar bahagia kepada masyarakat Anambas bahwa mulai Juli 2024, biaya SPP bagi siswa SMA/SMK/SLB se-Kepri akan digratiskan melalui Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Riau guna meringankan beban orang tua dan wali murid.

“Anggaran sebesar Rp43 miliar untuk SPP ini kita dapatkan dari penghematan anggaran. Harapannya, anak didik lebih konsentrasi belajar agar menjadi generasi terbaik yang menjadi penentu masa depan Kepri,” tutupnya. ***

(zah)