Mencari Kijeng Alternatif Mengisi Waktu Luang

oleh

LINGGA (SK) — Berbagai kegiatan yang dilakukan oleh kaum ibu dalam mengisi kekosongan waktu yang lebih bermanfaat, seperti membuat usaha rumahan yang banyak dilakoni oleh ibu-ibu rumah tangga yakni, membuat kue, kerajinan tangan serta lain sebagainya dan cukup banyak usaha ibu rumah tangga ini berhasil, yang intinya dapat menopang ekonomi guna membantu suami untuk kesejahteraan keluarga yang lebih baik.

Dalam mengisi kekosongan waktu inilah ibu-ibu rumah tangga di Dusun Laboh, Desa Marok Kecil, Kecamatan Singkep Selatan, mencari Kijeng (mayarakat setempat menyebut makanan laut sejenis kerang) disungai yang berada dikampung mereka.

“Kijeng yang kami cari ini sebagian besarnya untuk dikosumsi sendiri, namun ada juga diantaranya untuk dijual,” ujar Halimah, salah seorang ibu saat temui Sijori Kepri sedang mencari Kijeng disungai Laboh, Selasa (5/5/2015).

Laila, seorang ibu rumah tangga lainnya yang juga sedang mencari kijeng mengatakan, mencari kijeng ini hanya dapat dilakukan saat air laut sedang surut, karena saat air laut surut sungai tempat mencari kijeng juga ikut kering.

“Kijeng ini dijual kepda warga kampung saja dengan harga Rp6 ribu perkilonya, tapi ibu-ibu yang mencari kijeng sebagian besar untuk dikosumsi sendiri,” ungkap ibu dengan satu anak ini. (SK-Pus)

 

No More Posts Available.

No more pages to load.