Nurdin Buka “KONFERWIL PWI” Pinang-Bintan

oleh
Gubernur Kepri, H Nurdin Basirun, Dato Huzrin Hood, Walikota terpilih, H Syahrul, Kapolres Tanjungpinang, AKBP Ucok Ladin, perwakilan dari TNI AU, TNI AL, Kajari Kepri, Kajati Tanjungpinang, bersama Ketua PWI Kepri, Ramon Damora. (Foto : Wak Tung)

[responsivevoice_button voice=”Indonesian Female” buttontext=”Malas Baca, Tekan Ini”]

Nurdin Buka “KONFERWIL PWI” Pinang-Bintan

SIJORIKEPRI.COM, TANJUNGPINANG — Konferwil PWI Pinang-Bintan yang bertema “Menjadi Wartawan Yang Andal dan Bermartabat”, secara resmi dibuka oleh Gubernur Kepri, H Nurdin Basirun, di Hotel Pelangi, Lt IV, Tanjungpinang, Selasa, (18/09/2018), sekira pukul 11:00 WIB.

Nurdin dalam sambutannya mengatakan, wartawan mempunyai peran yang tidak kalah penting dalam pembangunan, baik di pusat maupun daerah, khususnya di Tanjungpinang dan Bintan.

Tulisan-tulisan wartawan yang memiliki ide dan kritik yang profesional, baik ditujukan kepada pemerintah maupun lembaga lainnya, adalah sebuah karya yang memberikan pelajaran penting baik bagi masyarakat, maupun menjadi bahan introspeksi bagi pemerintah.

“Ini positif, dan baik, dan membangun,” katanya.

“Maka saya lebih setuju kata “Menjadi” dalam tema ini dibuang saja. Karena PWI bukan baru mau menjadi, sudah wartawan yang andal dan bermartabat,” kata Nurdin.

Setahu Nurdin, untuk menjadi anggota PWI tidak mudah, tapi melalui berbagai proses, apalagi sekarang infonya harus sudah memiliki sertifikat UKW.

BACA JUGA :  PWI Akan Laksanakan “KONFERWIL TANJUNGPINANG”

“Maka saya lebih setuju kata “Menjadi ” di awal tema, dibuang saja, karena anggota PWI bukan baru menjadi wartawan andal, tapi setahu saya memang sudah wartawan andal,” ujarnya.

Sebelumnya, Ketua PWI Kepri, Ramon Damora, yang mengawali sambutannya dengan kocak, diimbangi dengan kalimat-kalimat yang serius untuk PWI kedepannya.

Menurutnya sudah saatnya kita meninggalkan teori-teori usang dan lapuk, yang menganggap berita buruk adalah berita yang baik, serta teori sesat lainnya yang menganggap, kalau anjing menggigit orang, itu belum berita, tapi kalau orang menggigit anjing, itu baru berita.

“Bertahun-tahun pers disusupi dan disuntik teori usang dan sesat seperti ini, dan apa untungnya bagi kita. Hanya rasa sakit, dan hanya energi negatif,” kata pria yang dikenal sebagai Penyair Kepri ini.

Hari ini, kata penulis buku “Benang Bekas Sungai” itu, sudah sulit kita menemukan keindahan di media-media. Ia minta izin sebelumnya, untuk membawa organisasi ini mengusung nilai-nilai tersendiri yang penuh dengan khazanal lokal, mengingat ratusan tahun yang lalu, di tanah melayu juga ada tokoh pers, yaitu Raja Ali Kelana.

BACA JUGA :  Raja Ariza Dukung “KONFERWIL PWI” Tanjungpinang - Bintan

Ramon berharap dengan restu para tokoh-tokoh, masyarakat, dan dukungan Gubernur Kepri, kedepannya Kepri yang akan menunjukkan kepada insan pers di daerah lain.

“Bahwa Pers di Kepri adalah pers yang aspiratif, berakal dan berbudi,” tuturnya.

Tidak ketinggalan, Dato Rida K Liamsi, yang merupakan Tokoh Pers di Kepri sempat memceritakan betapa sulitnya dimasanya membentuk PWI, karena disamping wartawan belum banyak, ditambah lagi persyaratan yang berat.

“Jadi saat kami membentuk PWI di Tanjungpinang dulu, anggotanya hanya empat orang, itupun kurang lebih 10 tahun kami baru dapat merekrutnya,” katanya berkisah.

Ketua Panitia, Zakmi Filiang mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah mendukung agar acara ini hingga sukses.

Kata Zalmi, keinginan membentuk Pengurus PWI Pinang-Bintan sebenarnya sudah bergulir sekira enam tahun yang lalu, namun sekarang baru terlaksana.

“Dari 68 orang anggota yang terdaftar, ada 38 orang yang memiliki hak pilih untuk jadi Ketua yang akan dilaksanakan nanti sore. Semoga PWI tetap menjadi organisasi wartawan yang prifesional,” pungkasnya.

BACA JUGA :  Gubernur Akan Buka Konferwil “PWI TANJUNGPINANG - BINTAN”

Acara pembukaan Konferwil PWI Tanjungpunang – Bintan tersebut juga dihadiri, Dato Huzrin Hood, Walikota terpilih, H Syahrul, Kapolres Tanjungpinang, AKBP Ucok Ladin, perwakilan dari TNI AU, TNI AL, Kajari Kepri, Kajati Tanjungpinang, serta senior-senior PWI, dan puluhan anggota PWI, serta undangan lainnya. (Wak Tung)

 

Shares

No More Posts Available.

No more pages to load.