Nurdin : Pramuka ” BAWA GENERASI MAKIN BAIK”

oleh
Gubernur Kepri saat melakukan penanaman pohon di Kantor Kwarda Pramuka Kepri di Dompak. (Foto : Humpro Kepri)

SIJORIKEPRI.COM, TANJUNGPINANG — Pramuka memberi manfaat yang sangat besar bagi anggotanya. Banyak manfaat yang didapat, apalagi jika terus berpedoman pada Dasa Dharma Pramuka. Hal itu disampaikan Gubernur Kepri, H. Nurdin Basirun, saat menjadi pembina upacara Pembukaan Lomba Tingkat IV Regu Penggalang Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kepulauan Riau Tahun 2017, di halaman Kantor Kwarda Dompak, Tanjungpinang, Minggu, (09/07/2017), sore.

“Dari Dasa Dharma, jelas sekali pondasi dan benteng hidup diletakkan pada posisi pertama: Taqwa kepada Tuhan Yang Esa,” kata Nurdin.

Pada urutan berikutnya, tutur Nurdin, anggota Pramuka dipandu untuk peduli dan mencintai alam serta memberi kasih kepada sesama. Anggota Pramuka juga dipandu untuk bersikap rela menolong serta mengedepankan musyawarah.

“Ini yang menjadikan kita untuk selalu mempererat silaturahim dan kita dituntut untuk disiplin dalam berbagai hal. Disiplin, menjadikan kita memanfaatkan waktu semaksimal mungkin,” ujar Nurdin.

Kepada anggota Pramuka yang mengikuti lomba, Nurdin berpesan agar terus mengamalkan Dasa Dharma. Pramuka juga harus mempersiapkan diri menghadapi tantangan kedepan.

“Selalu ingat Dasa Dharma Pramuka. Jadikan sebagai dasar yang kokoh untuk melatih mental diri,” kata Nurdin sambil menambahkan dirinya menitip pembangunan ke depan kepada generasi muda Kepri.

Nurdin yakin, dengan kemampuan anggota Pramuka Kepri. Apalagi mereka yang memiliki komitmen yang kuat, serta menanamkan jiwa tentang apa yang harus diberikan untuk negara.

“Insya Allah, dengan menanamkan mental begitu, saya yakin dan percaya kader-kader Pramuka akan memiliki alur untuk menyongsong kehidupan yang lebih baik,” kata Nurdin.

Lomba Tingkat IV Regu Penggalang Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kepulauan Riau Tahun 2017, berlangsung hingga 13 juli 2017. Perlombaan ini merupakan salah satu cara mencapai tujuan dan sasaran tingkat pramuka itu sendiri. 40 penggalang putra dan 40 putri dari Kwarda Bintan, Tanjungpinang, Batam, Karimun dan Lingga.

Usai membuka perlombaan, Nurdin, melakukan penyematan tanda peserta kepada dua Pramuka Penggalang, serta melakukan penanaman pohon di Kantor Kwarda Pramuka Kepri di Dompak.

Tampak hadir pada kesempatan itu, anggota DPRD Kepri Hanafi Ekra, Sekda kota Batam Jefriden, tokoh masyarakat Kepri Huzrin Hood, serta Pramuka Penggalang dari Kabupaten Kota. (SK-DY/edo)

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]