Rute Roro Jagoh-Kuala Tungkal Segera Aktif “INI INFORMASINYA”

oleh
Kapal Roro, KMP Sembilang. saat di pelabuhan Penarik. (Foto : Puspandito)

LINGGA (SK) — Kapal penyebrangan Roll On Roll Off (Roro) untuk rute pelabuhan Jagoh, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) ke Kuala Tungkal, Provinsi Jambi, direncanakan akan aktif pada bulan Februari mendatang.

“Kami telah mendapatkan informasi dari ASDP Batam, kalau Februari nanti rute Jagoh-Kuala Tungkal diaktifkan. Kebijakan ini datang dari pusat,” ungkap, Yusrizal, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Lingga, kepada awak media, Sabtu, (21/01/2017).

Kebijakan pihak ASDP pusat, kata Yusrizal, membuka rute Roro antar Provinsi Kepri dengan Provinsi Jambi, tentunya akan memberi dampak yang besar bagi pertumbuhan ekonomi bagi kedua daerah, dan juga dampak positif yang akan diterima masyarakat Kabupaten Lingga. Hal ini dikarenakan, Kabupaten Lingga akan terlibat langsung dalam kelancaran arus ekonomi yang akan terbangun antara kedua Provinsi tersebut.

BACA JUGA :  Kadishub Lingga 2 Minggu Tidak Ngantor

“Nantinya, rute ini hanya sampai ke Jagoh saja. Sementara untuk ke Batam atau ke Tanjungpinang, harus melewati rute Roro regular yang sudah tersedia,” terangnya.

Keberadaan rute ini, lanjut Yusrizal, tentunya akan mempermudah produk-produk Pertanian dari daratan Sumatera merambah hingga ke pasar Kepri. Bahkan, dengan jarak tempuh Kuala Tungkal – Jagoh yang hanya sekitar 60 mil saja, sangat efektif mengurangi disparitas harga produk pertanian tersebut.

Katanya lagi, mengenai armada kapal yang akan digunakan untuk melayani rute tersebut, masih belum dapat memastikan. Namun, kemungkinan besar masih akan menggunakan kapal ASDP KMP Sembilang, yang melayani rute Lingga-Batam-TPI.

“Mungkin masih menggunakan KMP Sembilang, hanya rute pelayarannya yang akan di tambah. Dan untuk jumlah tripnya juga, kami belum tahu. Kami berharap, minimal satu kali dalam seminggu,” unggahnya. (SK-Pus)

BACA JUGA :  Nurdin : Pelabuhan Roro di Penarik Cukup Strategis

Shares

No More Posts Available.

No more pages to load.