TANJUNG PINANG

Seperti Hotel Mewah, Rumah Singgah Pemprov Kepri di Jakarta Dengan Kapasitas 32 Tempat Tidur Siap Layani Warga Kepri

×

Seperti Hotel Mewah, Rumah Singgah Pemprov Kepri di Jakarta Dengan Kapasitas 32 Tempat Tidur Siap Layani Warga Kepri

Sebarkan artikel ini
Rumah Singgah Raja Ahmad Engku Haji Tua di Jakarta. (Foto : Ist)
Rumah Singgah Raja Ahmad Engku Haji Tua di Jakarta tampak dari depan. (Foto : Ist)
Rumah Singgah Raja Ahmad Engku Haji Tua di Jakarta tampak dari samping kanan. (Foto : Ist)

TANJUNG PINANG — Dengan Fasilitas seperti Hotel mewah, rumah singgah milik Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Pemprov Kepri) di Jakarta diresmikan Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad, Minggu, 14 Mei 2023. 

Setelah diresmikan, rumah singgah yang diberi nama Rumah Singgah Raja Ahmad Engku Haji Tua dengan kapasitas 32 tempat tidur itu, akan siap melayani warga masyarakat Kepri yang sedang dalam rujukan berobat ke Jakarta. 

GESER UNTUK BACA BERITA
GESER UNTUK BACA BERITA

Selain rumah singgah di Jakarta, rumah singgah milik Provinsi Kepri yang berlokasi di Batam juga akan segera diresmikan dan siap melayani masyarakat Kepri yang sedang dalam rujukan berobat ke Batam. 

Bagi warga masyarakat Kepri yang ingin memanfaatkan rumah singgah ketika dalam rujukan berobat ke Jakarta atau Batam, Pemerintah Provinsi Kepri telah menyiapkan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang harus diikuti masyarakat. 

“SOP ini penting untuk diikuti, karena kita ingin masyarakat yang menggunakan rumah singgah memang benar-benar untuk mereka yang membutuhkan, jadi harap masyarakat memperhatikannya,” kata Gubernur Ansar.

Warga Masyarakat yang membutuhkan rumah singgah bisa menuju ke bagian administrasi/tempat registrasi di Rumah Singgah dengan menyerahkan Surat Persetujuan dari Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau, dengan melampirkan: foto copy KTP Pasien / Surat Keterangan Domisili dari Lurah/Kepala Desa di wilayah Provinsi Kepulauan Riau, Foto copy KTP Pendamping, Foto copy Kartu Keluarga (KK), dan Foto copy Surat Rujukan dari Rumah Sakit perujuk.

Bagi masyarakat Kepri yang berdomisili di luar Provinsi Kepri, harus menyerahkan Surat Keterangan dari Ikatan Keluarga Provinsi Kepulauan Riau (IKPK) di tempatnya berdomisili. 

Adapun bagi masyarakat Provinsi Kepulauan Riau dengan kondisi darurat yang sedang berada di Jakarta atau Batam, wajib menyerahkan Surat Keterangan Berobat dari Rumah Sakit tujuan.

Selanjutnya petugas administrasi akan mengecek kelengkapan berkas dan ketersediaan ruangan di Rumah Singgah. 

Untuk pasien dewasa dapat didampingi oleh satu orang pendamping dan untuk pasien anak-anak dapat didampingi oleh kedua orangtua. Sementara pasien dengan kondisi tertentu, seperti lanjut usia (tidak bisa mandiri, susah berjalan, penyakit kronis) maksimal dapat didampingi dua orang.

Selama di rumah singgah, pasien berhak mendapatkan pelayanan ambulan dari Rumah Singgah selama mendapatkan perawatan di Rumah Sakit. Pasien dan pendamping juga mendapatkan sarapan pagi selama berada di Rumah Singgah.

Nomor Kontak Person Rumah Singgah Raja Ahmad Engku Haji Tua di Jakarta