Buka Mesrenbang 2017 “LIS UNGKAP PEMBANGUNAN YANG JADI PRIORITAS”

oleh
Walikota Tanjungpinang saat membuka Musrenbang 2017. (Foto : Dedi Yanto)

TANJUNGPINANG (SK) — Badan Perencanaan, Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan (Bapelitbang) Kota Tanjungpinang, menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tahun 2017, yang dibuka secara resmi oleh, Walikota Tanjungpinang, H. Lis Darmansyah, SH, yang ditandai dengan pemukulan gong, bertempat di Hotel CK, Tanjungpinang, Kamis, (09/03/2017).

Musrenbang Tahun 2017, diberi tema “Pemantapan Ekonomi Kerakyatan dan Kebudayaan Sebagai Penggerak Perekonomian Daerah” juga turut memberikan apresiasi bagi pelaksana Musrenbang terbaik tingkat Kecamatan, Kelurahan, serta tokoh masyarakat yang berperan aktif dalam penyelenggaran Musrenbang Tahun 2017.

Dalam sambutannya, Lis, mengungkapkan, bahwa, Musrenbang ini merupakan wadah dan media intektif bagi seluruh stakeholder, dalam menetapkan program dan kegiatan sekaligus rekomendasi kebijakan, untuk mendukung implementasi program atau kegiatan tahun anggaran berikutnya, sebagai sarana membangun komitmen bersama, dalam pencapaian pembangunan yang berkualitas, transparan dan akuntabel.

“Ada beberapa rencana pembangunan yang akan menjadi prioritas untuk tahun 2018, antara lain rehabilitasi dan pembangunan gedung sekolah SD dan SMP serta perbaikan dan penambahan Ruang Kelas Baru sesuai dengan kebutuhan daerah. Rehabilitasi dan pembangunan Puskesmas batu 10, Sei Jang dan Puskesmas lainnya. Pembangunan gedung kecamatan dan kelurahan, sebagai upaya optimalisasi pelayanan publik yang berkualitas,” ungkap Lis dalam sambutannya.

BACA JUGA :  Malam Ini Gerak Jalan 45 KM "INILAH JADWAL DAN RUTENYA"

Adapun rencana pembangunan jalan lingkar, pembangunan jembatan Pinang Marina serta jembatan Madong-Sei Nyirih, tutur Lis, Alhamdulillah telah ditetapkan menjadi prioritas pembangunan nasional. Prioritas lanjutan penanganan banjir jalan Pemuda, kawasan Suka Brenang, Yudowinangun dan Kampung Kolam.

“Melalui Musrenbang inilah, akan dibahas penyelarasan program-program pembangunan daerah, yang akan didanai dari berbagai sumber pendanaan. Penyelarasan, hendaknya dilakukan dengan tetap mengedepankan prinsip-prinsip yang mendorong tercapainya keserasian, efektifitas dan efesiensi pemanfaatan sumber pendanaan pembangunan daerah,” ujar Lis.

Sementara itu Kepala Bapelitbang, Drs. Surjadi, MT, mengatakan, tujuan dari Musrenbang ini adalah untuk memfasilitasi pertukaran informasi, pengembangan dan kesepakatan atas penanganan masalah pembangunan daerah, masukan untuk penyempurnaan rancangan awal RKPD yang memuat prioritas pembangunan daerah, serta pagu indikatif pendanaan berdasarkan fungsi OPD.

BACA JUGA :  Idul Adha 1438 H "PEMKO TANJUNGPINANG SERAHKAN 58 EKOR SAPI"

“Mendapatkan rincian rancangan awal kerangka regulasi menurut OPD, yang berhubungan dengan pembangunan. Mengindentifikasi dan membahas isu-isu dan permasalahan pembangunan, dan pencapaian kesepakatan prioritas pembangunan daerah, yang akan dilaksanakan pada tahun rencana, serta optimalisasi pemanfaatan dana yang tersedia terhadap kebutuhan pembangunan,” kata Surjadi.

Melalui Musrenbang ini, Surjadi berharap, adanya kesepakatan antara Pemerintah Daerah dan stakeholder, tentang program dan kegiatan prioritas daerah dalam pencapaian agenda pembangunan tahun 2018. Adanya penyempurnaan rancangan awal rencana kerja pembangunan (RKPD) tahun 2018, dan adanya daftar program kegiatan yang disepakati secara musyawarah, untuk setiap bidang pembahasan.

Surjadi menjelaskan, bahwa, penyelenggaraan Musrenbang Kota Tanjungpinang dilaksanakan dari tanggal 6 hingga 9 Maret 2017 dibagi menjadi dua bagian, yaitu sidang pembahasan dengan metode desks atau yang disebut sidang pra Musrenbang yang dibagi menjadi lima sidang kelompok, yaitu bidang infrastruktur dan pembangunan wilayah, bidang sosial, budaya, dan pemerintahan, bidang perekonomian dan kesra, bidang Litbang, dan bidang bina program dan pengendalian pembangunan.

BACA JUGA :  Prajurit Lantamal IV Ikuti Sosialisasi Penegakan Hukum

“Bagian ke dua adalah pelaksanaan acara puncak Musrenbang yang kita laksanakan pada hari ini,” ungkap Surjadi.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh, Forum Komunikasi Pimpinan Kota Tanjungpinang, Sekda Kota Tanjungpinang, Kasubid Dana Alokasi Khusus, Anggota Dewan Provinsi Kepri, Anggota Dewan Kota Tanjungpinang, Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD, Camat, Lurah, tokoh masyarakat, akademisi, Media serta Lembaga Swadaya Masyarakat. (SK-DY)

Shares

No More Posts Available.

No more pages to load.