Lagu Ciptaan Ramon Damora “HIASI PEMBUKAAN KONFERWIL PWI”

oleh
Gubernur Kepri Nurdin Basirun, Dato Huzrin Hood, Bobby Jayanto dan Pengurus PWI Tanjungpinang - Bintan. (Foto : Rans)

[responsivevoice_button voice=”Indonesian Female” buttontext=”Malas Baca, Tekan Ini”]

Lagu Ciptaan Ramon Damora “HIASI PEMBUKAAN KONFERWIL PWI”
– Gubernur Kepri Sebut Ramon Manusia Langka.

SIJORIKEPRI.COM, TANJUNGPINANG — Pembukaan Konferwil PWI Tanjungpinang-Bintan yang dilaksanakan di Hotel Pelangi, KM 6 Tanjungpinang, pada Selasa, (18/09/2018), bukan hanya meriah karena dihadiri Gubernur Kepri, Nurdin Basirun, pejabat pemerintahan dan Institusi saja, tetapi meninggalkan kesan tersendiri bagi para hadirin dan undangan, terutama Gubernur Kepri, karena sebelum pelantikan, disenandungkan sebuah lagu yang diciptakan oleh Ketua PWI Kepri, Ramon Damora, yang berjudul “Kekasih Ar-Rahman”, dengan penataan musik yang menyentuh jiwa.

Wajar saja lagu tersebut meninggalkan kesan khusus bagi seorang Nurdin Basirun, yang akrab dipanggil Bang Den itu, karena dari liriknya menceritakan kisah seorang wanita yang merindukan kepulangan kekasihnya seorang nakhoda dengan membacakan ayat-ayat suci dari surah Ar Rahman. Sedangkan Bang Den kita ketahui memiliki latar belakangnya pernah menjadi seorang nakhoda.

Dengan wajah gembira bercampur haru, sesaat sebelum membuka Konferwil, diatas podium Bang Den menyampaikan apresiasinya yang luar biasa terhadap lagu yang diciptakan sang Penyair Kepri tersebut.

BACA JUGA :  Pelantikan Pengurus "IKATAN DOKTER INDONESIA WILAYAH KEPRI"

Tidak hanya itu, Bang Den juga mengatakan bahwa, saat sebelumnya Ramon Damora menyampaikan pidato, hingga disenandungkan lagu Kekasih Ar-Rahman tersebut, ia (Nurdin Basirun, red) sempat membuat beberapa catatan penting yang diambil.

Menurutnya, ilmu itu bisa didapat dari siapa saja, tidak kira umur. Disini Bang Den membandingkan umurnya yang jauh lebih tua dari Ramon.

“Tadi yang disampaikan Ramon itu banyak yang saya catat. Orang seperti Ramon ini orang yang bertangan dingin, disamping punya intelektual, ada kelabihan titipan dari Allah Subhanahu Wata’ala. Tak banyak kita temui orang seperti dia (Ramon, red). Manusia langka,” kata Bang Den, yang disambut tawa dan tepuk tangan hadirin dan undangan.

Ramon ketika ditanya usai acara mengungkapkan, lagu ciptaannya yang berjudul Kekasih Ar-Rahman tersebut adalah lagu tentang cinta seorang kekasih kepada nakhoda. Tatkala di luar sana sang nakhoda tengah berlayar mengarungi ganasnya samudera, kekasih pun memilih mengaji Surat Ar-Rahman di bilik-bilik hari.

“Nikmat-Ku yang mana lagi akan kau dustakan?” demikian Allah berfirman dalam Qur’an surat Ar-Rahman. Kata Ramon, mereka yang senantiasa berjuang menjadi kekasih-kekasih Ar-Rahman, memaknai ayat ini dengan dua sikap hidup. Bersyukur dan berkarya.

BACA JUGA :  Sani Kunjungan Kerja Ke Anambas

“Lagu ‘Kekasih Ar-rahman’ saya dedikasikan buat Gubernur Kepri, H Nurdin Basirun sebagai kado HUT Provinsi Kepri tanggal 24 September nanti. Seorang pemimpin tak boleh berhenti berkarya, menyerahkan cinta terbaik bagi rakyatnya,” kata pria yang dipercaya oleh Dewan Pers sebagai penguji di UKW.

Lanjutnya, pemimpin yang sarat dengan karya, selalu bekerja, biasanya akan lebih mudah memandu masyarakat untuk mensyukuri segenap nikmat pembangunan.

“Ya, bersyukur dan berkarya. Dua hal besar yang belakangan sering dipandang teramat kecil,” imbuhnya.

Ramon mengajak untuk fokus melihat mengapa tiba-tiba hari ini kita begitu mudah berada di barisan para pembenci. Gampang memaki, sulit memuji, enggan berletih-letih. Bahkan mulai lupa cara berterima kasih.

“Saya tak dapat menyimpan haru, tatkala rekan-rekan pers di Tanjungpinang memperdengarkan lagu ‘Kekasih Ar-rahman’ untuk pertama kali di acara pembukaan Konferwil PWI Kepri,” katanya.

Ramon juga merasakan kegembiraan ketika di forum, Bang Den langsung memberikan apresiasi dengan caranya yang khas jenaka.

BACA JUGA :  PWI Pinang-Bintan “SILATURAHMI” Ke Polres Tanjungpinang

“Ramon, aku minta izin awak mengangkut biduan sekaligus penata musiknya ke acara-acara Pemprov nanti.” kata Ramon, mengulangi ucapan Gubernur, saat berpidato seraya kemudian memanggil Anggi, sang penyanyi, mendekat ke arahnya untuk memberikan nomor telepon pribadi.

“Semua tertawa menyaksikan adegan genit itu. Termasuk Om Hepi, musisi kharismatik yang saat saya tunjukkan demo mentah Kekasih Ar-Rahman kepadanya beberapa waktu lalu, langsung menawarkan diri untuk mengaransemen, serta merekamnya sampai jadi dalam studionya nan asri, di kawasan Sei Panas, Batam,” pungkasnya. (Wak Tung)

 

Shares

No More Posts Available.

No more pages to load.