Museum Tanjungpinang Dikagumi Wisman Asal Tiongkok

oleh -50 views
Wisatawan Mancanegara (Wisman) asal Tiongkok, Zhang Moxan bersama istri, anak dan kedua orangtuanya, berkunjung ke Museum Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah Tanjungpinang. (Foto : Patar Sianipar)

Museum Tanjungpinang Dikagumi Wisman Asal Tiongkok

SIJORIKEPRI.COM, TANJUNGPINANG — Wisatawan Mancanegara (Wisman) asal Tiongkok, Zhang Moxan bersama istri, anak dan kedua orangtuanya, berkunjung ke Museum Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah Tanjungpinang, Selasa, (28/1/2020).

Disela-sela kunjungan, Wisman ini mengaku kagum dengan museum ini. Rasa kagum mereka ketika melihat benda-benda peninggalan yang disajikan museum, termasuk keberadaan foto dan bait Gurindam Dua Belas yang dipajang di dalam museum.

Ketertarikan Wisman menginap di kawasan Lagoi, Bintan ini juga tidak kalah seru ketika ia melihat foto mantan Presiden Pertama RI dan juga sederetan foto para pemimpin kota Tanjungpinang.

Sesekali mereka terlihat mengscan tulisan Indonesia yang merupakan keterangan foto, supaya menjadi tulisan mandarin, sehingga mereka mengerti tulisan tersebut, dan setelah itu mereka manggut-manggut.

Yanto, Pemandu Wisata (Tour guide) Wisman ini, mengatakan, Zhang Moxan mengusulkan, sebaiknya pihak pemerintah menyediakan keterangan foto atau benda peninggalan bukan hanya dalam bahasa Indonesia saja, melainkan juga dalam bahasa negara lainnya.

“Sebaiknya ada tulisan dari berbagai negara, selain tulisan Indonesia, karena ini tentunya akan lebih mudah para tamu luar negeri untuk mengerti,” ujarnya.

Salah seorang petugas museum, Anto Rambe (43), yang sudah bekerja sejak tahun 2012 lalu, yang melayani para tamu atau pengunjung museum, baik lokal maupun dari manca negara, menjelaskan kepada para tamu yang berkunjung ke museum ini, juga berharap sama seperti yang diusulkan tour guide tersebut.

“Harapan saya, seperti apa yang diharapkan oleh tour guide tadi, semoga dari pihak pemerintah juga dapat merealisasikannya,” pungkasnya. (Wak Tar)

Click to rate this post!
[Total: 1 Average: 5]
banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400