Orpit Jembatan Jalan Lintas Barat Kembali Turun

oleh

– PU Bintan Menjadi Dilema.

BINTAN (SK) — Beberapa jembatan yang ada di sepanjang Jalan Lintas Barat Toapaya-Tanjung Uban, saat ini kembali menunjukkan penurunan dibagian orpit sambungan antara jalan dengan bagian jembatan. Tentu saja hal ini akan sangat berbahaya jika tidak segera diatasi secera cepat.

Namun sayangnya, keadaan tersebut tentu saja menjadi dilema bagi pihak Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Bintan. Pasalnya, disatu sisi jalan tersebut memang menjadi jalur alternatif baik kendaraan umum serta kendaraan pemerintahan diwilayah Bintan, sementara disisi lain jalan tersebut merupakan jalan milik Provinsi yang dibangun oleh Satuan Kerja (Satker) dari pusat yang menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

Ketika dikonfirmasi terkait hal itu, Kepala Dinas PU Bintan, Juni Rianto tidak memungkiri keadaan itu membuat pihaknya semakin dilema. Menurutnya, setiap aset seperti jalan yang dibangun dengan menggunakan anggaran baik daerah maupun negara senyogyanya sudah pasti memiliki dana pemeliharaan.

“Memang posisi jalannya ada diwilayah Bintan, tapi yang bangun itu dari Satker bukan kita, sehingga dana pemeliharaan jalan yang ada di kita, hanya sebatas untuk aset yang kita bangun saja karena memang terbatas anggaran yang ada di kita. Tetapi kita akan koordinasi dengan Provinsi dan Satker nanti soal orpit jembatan yang turun itu,” ujar Juni di Kawal, Kecamatan Gunung Kijang, Senin (23/03/2015).

Lebih lanjut Juni mengatakan, penurunan orpit sambungan jembatan memang merupakan suatu problem yang kerap saja terjadi, hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor seperti pemadatan tanah yang kurang maksimal yang dilakukan sebelum pembangunan jalan itu dilakukan. Meskipun sudah dilakukan perbaikan, namun penurunan orpit sambungan jembatan tetap saja terjadi.

“Memang untuk pemadatan tanahnya agak sedikit sulit, sehingga ada terjadi pergeseran dibagian dasar tanahnya itu sendiri yang menyebabkan terjadi penurunan dibagian jalannya,” sambungnya.

Pantauan dilapangan, penurunan orpit sambungan jembatan dibeberapa kawasan Jalan Lintas Barat seperti yang terjadi dibagian Jembatan Kangboi, Kecamatan Teluk Bintan. Penurunan orpit jembatan hampir mencapai 10 centimeter, hal ini tentu saja menjadi ketidaknyamanan pengguna jalan tersebut.

Para pengendara baik roda dua dan roda empat yang hendak melintas harus extra hati-hati saat hendak melintas. Karena penurunan orpit sambungan jembatan itu, menyebabkan tidak samanya tinggi antara bagian jembatan dengan jalan. (SK-DER)

 

No More Posts Available.

No more pages to load.