Pengoperasian TPA Singbar Terkendala Armada

oleh

LINGGA (SK) — Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah yang berada di Kecamatan Singkep Barat, masih terkendala pengoperasiannya, hal ini dikarenakan minimnya fasilitas armada angkut dan amroll, di Kecamatan Singkep, saat ini hanya memiliki satu unit mobil pengangkut sampah, saat ini masih diupayakan penambahan armada dan amroll, guna mendukung TPA yang rencananya pengoperasian di Tahun 2016 ini.

“Kita masih mengupayakan penambahan armada dan amroll, tahun ini kita usahakan aktif, kalau sudah ada penambahan armadanya,” terang, Amrullah, Kepala Seksi Kebersihan di Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Lingga, kepada wartawan, Senin (11/1/2016).

Armada yang ada di Kecamatan Singkep saat ini hanya satu unit, kata Amrullah, itu pun dikategorikan sudah tidak layak lagi karena telah tua, sementara yang harus dilayani cukup besar, dan wilayah yang akan dijangkau jika TPA diaktifkan, akan meliputi tiga Kecamatan di Pulau Singkep yakni, Singkep, Singkep Barat, dan Singkep Pesisir, jarak tempuh armada ke TPA Singkep Barat, sekitar 25 Km.

BACA JUGA :  Belum Serah Terima "BANGUNAN KANTOR CAMAT LINGGA" Rusak Parah

“Saat ini, armada masih melayani hingga tempat pembuangan sampah yang ada disekitar Dabo Singkep, itupun akan ditutup karena bukan TPA sampah yang resmi, jika TPA Singkep Barat telah di operasikan, sampah-sampah itu akan kita angkut kembali untuk dibuang ke TPA yang telah disiapkan,” ungkapnya.

Kita telah mengusulkan penambahan armada, lanjut Amrullah, namun, karena kondisi Pemkab saat ini sedang mengalami defisit, hingga pengajuannya tertunda.

“Kita akan terus mengupayakannya, agar ditahun ini TPA tersebut bisa dioperasikan,” paparnya.

Disinggung terkait kebersihan dan pertamanan di Kabupaten Lingga Tahun 2016, Amrullah menuturkan, untuk sementara ini masih berjalan seperti biasanya, 130 THL kebersiahan jalan dan 13 THL pertamanan yang diusulkan dalam RKA bidang kebersihan.

BACA JUGA :  "DINAS PU AKAN PRIORITASKAN" Pembangunan Jembatan dan Pelantar Desa Duara

“Jika tidak ada efesiensi lagi, jumlahnya tetap segitu, tahun ini akan kita tempatkan di Kecamatan Lingga, Singkep dan Singkep Barat, sementara untuk wilayah lainnya kita usahakan melalui pergantian THL yang mengundurkan diri atau pensiun, dan akan kita usahakan penempatannya di wilayah sebelumnya,” unggahnya. (SK-Pus)

Amrulah, Kasi kebersihan Dinas PU Lingga (Foto: Puspandito)
Amrulah, Kasi kebersihan Dinas PU Lingga (Foto: Puspandito)
Shares

No More Posts Available.

No more pages to load.