Staf Ahli Mentan RI “HADIRI PANEN PERDANA PADI ORGANIK”

oleh
Staf Ahli Mentan RI "HADIRI PANEN PERDANA PADI ORGANIK" 1
Lingga panen padi organik perdana. (Foto : istimewa)
Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

LINGGA (SK) — Syukur Iwantoro, Staf Ahli Menteri Pertanian (Mentan) Bidang Investasi Pertanian, mengunjungi Kabupaten Lingga, Senin, (27/02/2017). Kunjungan ini adalah untuk menindak lanjuti kunjungan Menteri Pertanian RI pada tahun 2016 lalu ke Kabupaten Lingga.

Mentan RI bertekad, menjadikan Lingga sebagai salah satu kabupaten perbatasan, untuk dikembangan dalam bidang ketahanan pangan, terutama dalam pertanian padi.

“Tentu arahnya di ekspor, karena berdekatan sekali disitu. Dan, alhamdulillah kita panen hari ini, mungkin ini uji coba dulu 5 hektar untuk organik, kemudian nanti sekitar bulan Maret atau bulan Mei, 100 hektar lagi untuk yang organik,” ungkapnya, usai panen perdana padi organik di lahan sawah Desa Sungai Besar, bersama Bupati serta wakil Bupati Lingga.

Pada tahun ini juga, kata Syukur Iwantoro, Kementerian Pertanian mendukung program Bupati Lingga, dengan mengembangkan lahan sawah sebesar 3000 hektar. Sehingga, jika tahun ini dapat terlaksana, di yakini pada bulan Oktober tahun depan, Kabupaten Lingga sudah swasembada beras.

“Mungkin sudah bisa untuk dijual. Namun, agar beras organik tersebut diakui secara nasional, nantinya produk beras disini disertifikasi oleh lembaga sertifikasi organik. Kami akan urus dengan pak Bupati, untuk dinilai dan di audit. Namun sebelum di audit, kami kirim tim untuk lakukan bimbingan disini,” terangnya.

Peluang pasar, lanjut Syukur Iwantoro, khususnya untuk beras organik, sangat luar biasa. Sejauh ini, baru salah satu Kabupaten di Provinsi Jawa Barat, yang mengekspor beras organik tersebut ke Amerika.

“Kabupaten tersebut, merupakan salah satu yang dimotori oleh ibu Amelia. Saya lihat, masyarakat disini sudah bisa nanam, sudah bisa panen, itu luar biasa,” unggahnya. (SK-Pus)

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

height="100%"

loading...
banner 740x400

banner

banner