Gedung Glora Eks PT Timah Terbengkalai

oleh

LINGGA (SK) — Satu lagi aset peninggalan PT Timah yang berada di jalan Dewa Ruci, Dabo Singkep, status nya belum ada kejelasannya, dulunya bangunan ini dikenal masyarakat Dabo Singkep, dengan nama Gedung Glora, masyarakat kota Dabo maupun anak Eks karyawan Unit Penambangan Timah Singkep (UPTS), mulai mempertanyakan tentang status Gedung Glora tersebut.

Salah seorang warga Singkep, yang juga merupakan Eks karyawan PT Timah, Tengku Dedy, mengatakan, melihat gedung peninggalan PT Timah yang boleh di bilang terbengkalai ia (T. Dedi-Red) pada tahun 2009/2010 lalu bersama rekan-rekan pernah mengurus izin ke Pemkab Lingga, untuk merehap bangunan tersebut untuk dijadikan lapangan putsal.

“Namun pengurusan izin tersebut terganjal di Pemkab Lingga, karena status dari gedung tersebut belum ada kejelasan, karena belun ada penyerahan dari PT Timah ke Pemkab Lingga,” ujar Tengku Dedy, kepada Sijori Kepri, Jum’at (10/7/2015).

Kalau kita lihat kondisi gedung ini memang cukup memprihatinkan, atap bagian teras telah banyak yang bocor, belum diketahui secara pasti pengelolaan Gedung Glora ini, hanya terdapat plang nama disamping pintu masuk yang betuliskan “Kantor Sekretariat Perhimpunan Purnakaryawan Timah (PPT) wilayah Singkep”.

“Namun tidak nampak aktivitas di gedung tersebut kalau memang disitu sebuah sekretariat, kita minta pihak PPT dapat mengelola gedung ini bila memang diserahkan ke Pemkab Lingga, atau memberikan izin atas pengelolaannya agar dapat dimanfaatkan, sehingga akan dua keuntungan, yakni, gedung tetap terawat dengan baik dan ada pemasukan yang didapat,” terangnya.

Dari berbagai sumber Sijori Kepri yang di himpun dari masyarakat, menyampaikan, Gedung Glora ini beberapa waktu lalu pernah juga diwacanakan oleh, Camat Singkep, H Kisanjaya, untuk dijadikan Meseum atau pun perpustakaan Daerah, dijaman PT Timah masih beraktivitas di Dabo Singkep gedung glora ini berpungsi sebagai tempat pageralan bangsawan atau kesenian lainnya sekitar tahun 70 puluhan, setelah itu beralih pungsi menjadi tempat pembagian barang sembako kebutuhan karyawan PT Timah seperti, Beras, Gula, Minyak Goreng, Minyak Tanah serta barang kebutuhan lainnya.

Setelah PT Timah hengkang dari Dabo Singkep sekitar tahun 1992, gedung ini mulai tidak digunakan lagi hingga saat ini, beberap tahun lalu halaman gedung ini dipakai untuk menyimpan batu bahan bangunan hingga ratusan kubik, namun sekarang tidak lagi terlihat ada batu-batu bahan bangunan ada di halaman gedung tersebut, terdengar dari beberapa warga dabo singkep mengatakan bahwa, sebagian halaman gedung Glora telah di kapling oleh pihak-pihak tertentu, warga singkep berharap gedung peninggalan PT Timah ini dapat dipungsikan dan bermanfaat bagi orang ramai, sehingga tidak di manfaatkan oleh pihak-pihak tertentu. (SK-Pus)

LIPUTAN LINGGA : PUSPADINTO
EDITOR : DEDI YANTO

Gedung Glora Eks PT Timah Terbengkalai (Photo : Puspadinto)
Gedung Glora Eks PT Timah Terbengkalai
(Photo : Puspadinto)
Gedung Glora Eks PT Timah Terbengkalai (Photo : Puspadinto)
Gedung Glora Eks PT Timah Terbengkalai
(Photo : Puspadinto)

 

 

No More Posts Available.

No more pages to load.