Tiga Siswa SMAN 4 Dikeluarkan, Disdik Kepri Bereaksi

oleh -165 views
Kepala Dinas Pendidikan Kepri, DR Muhammad Dali MM. (Foto : Dedi Yanto)
height="100%"

Tiga Siswa SMAN 4 Dikeluarkan, Disdik Kepri Bereaksi
– Dali : Sekolah Itu Lembaga Pembina Siswa.

SIJORIKEPRI.COM, TANJUNGPINANG — Dinas Pendidikan Provinsi Kepri bereaksi atas kejadian tiga siswa Kelas 10 IPA2, Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 4 Tanjungpinang, dikeluarkan dari sekolah.

Kendati, keputusan tersebut kewenangan penuh manajemen SMAN 4, namun reaksi lembaga yang menaungi seluruh SMA sederajat di wilayah Provinsi Kepri ini, lebih kepada peran, tanggungjawab, serta fungsi sebuah sekolah.

Reaksi langsung disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Kepri, Muhammad Dali. ”Terus terang, kita belum mengetahui hal ini. Belum ada laporan dari manajemen SMAN 4 Tanjungpinang. Kita sangat sayangkan jika alasan pengeluaran karena hal sepele. Namun, kita sepenuhnya menghargai kebijakan sekolah yang bersangkutan,” kata Dali, Selasa, (7/1/2020).

Perlu dipahami bersama, Dali memberi argumen, sekolah adalah sebuah lembaga yang bersifat pembina. Bukan lembaga pemberi sanksi. Pengertian pembina, mencakup luas. Anak yang nakal dirubah menjadi baik. Yang tidak mengerti diberikan ajaran agar dia mengerti.

”Sebagai lembaga pembina, kepala sekolah berikut para gurunya harus menjalankan tugas sebaik mungkin. Prilaku anak yang awalnya kurang bagus, maka tugas guru untuk membimbingnya. Karena itu, guru saat ini telah dibekali sertifikasi dan keahlian,” kata Dali.

Dalam memberikan sanksi terhadap siswa, ada pedoman dan dasar hukumnya. Ada batasan yang harus dijadikan acuan manajemen. Kategori kesalahan berat, harus dipahami. Biasanya, kesalahan berat yang tidak bisa ditolerir adalah pemerkosaan, pembunuhan dan kejahatan serius lainnya.

”Saya belum mengetahui, apa kesalahan berat yang diperbuat siswa yang dikeluarkan tersebut,” katanya.

Sebagai lembaga koordinasi SMA sederajat, Dali menambahkan, seyogyanya manajemen SMAN 4 melaporkan pemberian sanksi ini ke Dinas Pendidikan Kepri.

”Kita minta anak yang dikeluarkan tersebut tidak putus sekolah. Jika ia dikeluarkan, pihak SMAN 4 harus bertanggungjawab mencarikan penggantinya. Kita tidak mau mendengar gara-gara dikeluarkan, yang bersangkutan tidak dapat sekolah pengganti,” pinta Dali.

Terpisah, pelaku pendidikan Tanjungpinang, Devi Yanti Nur, mengatakan, pendidikan merupakan hak mutlak yang harus diperoleh anak. Dalam prosesnya, pihak sekolah tidak bisa terkesan arogan memberi keputusan pemberian sanksi terhadap siswa jika ada kenakalan yang diperbuat.

”Kita harus paham, prilaku siswa SMA. Saat mereka mulai duduk di kelas 1, ada perubahan yang terjadi. Terutama bergaul dengan sesama teman. Dalam pergaulan ini ada pengaruh yang didapat. Peran guru-lah yang harus menanamkan pemahaman cara bergaul yang baik. Agar siswa tidak terjerumus pergaulan negatif,” kata Devi.

Dalam pemberian sanksi, terhadap siswa, lanjut Devi, tentu ada ketentuan umum yang menjadi dasar keputusan. Seperti pemberian teguran 1, teguran 2 dan teguran 3. Jika tiga teguran ini telah diberikan, ada proses pemanggilan orang tua.

Dalam pemanggilan orang tua ini, manajemen sekolah akan mengetahui jati diri anak yang bersangkutan. Akan mengetahui latar belakang orang tuanya, terutama ekonomi rumah tangga.

”Artinya, sebuah keputusan sanksi harus benar-benar punya alasan kuat. Menurut saya, hanya gara-gara rekaman siswa merokok di luar pekarangan sekolah, manajemen langsung mengeluarkan siswa yang bersangkutan. Ini berlebihan sekali,” katanya.

Pihak sekolah harus memahami, dampak negatif siswa yang dikeluarkan tersebut. Mental si anak tentu akan mengalami perubahan. Ia akan malu dan akhirnya timbul keengganan melanjutkan sekolah.

Tambah Devi, dari sisi orang tuanya, tentu akan turut berpengaruh. Jika orang tuanya hidup berkecukupan, tidak akan ada masalah untuk memindahkan anaknya. Sebaliknya, jika orang tuanya hidup pas-pasan, tentu akan timbul kekhawatiran tidak mampu mengeluarkan biaya masuk sekolah di tempat yang baru. (tim)

Click to rate this post!
[Total: 14 Average: 4.4]
banner 740x400 banner 740x400 banner 740x400 banner 740x400